Minimalisir Peyebaran Covid-19, PAN Minta Penyelenggara Pilkada Aktif Tertibkan Paslon


AKTUALITAS.ID – Plh Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyampaikan bahwa proses dan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 yang telah ditetapkan dan berjalan harus segera diperbaiki menyusul semakin tingginya penularan di saat pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Walau secara teknis pelaksanaan dan tahapan telah berjalan dengan baik sampai saat ini.

Namun, Saleh melihat masih ada yang harus diperbaiki oleh penyelenggara, terutama meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Kemarin, saat pendaftaran, banyak sekali paslon, timses, dan masyarakat pendukung yang mengabaikan protokol kesehatan. Kalau fenomena seperti ini berlanjut pada tahapan berikut, tentu ini sangat berbahaya. Apalagi, jumlah orang yang terpapar semakin hari semakin tinggi,” kata Saleh kepada wartawan, Senin (14/9/2020).

Dalam konteks ini, dia menegaskan agar KPU, Bawaslu, dan DKPP diharapkan dapat berperan aktif untuk menertibkan paslon dan para pendukungnya. Dengan pemberlakuan secara aturan tegas pada semua tahapan Pilkada 2020.

“Kalau perlu, aturan itu dapat mendiskualifikasi paslon. Kalau hanya sekedar teguran lisan dan tulisan, sepertinya tidak efektif. Aturan yang dibuat harus lebih tegas,” imbaunya.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar tahapan Pilkada 2020 dapat diperbaiki dengan titik utama adalah keamanan dan kesehatan masyarakat. Karena hal itulah yang harus dipastikan oleh penyelenggara.

“Jangan sampai ada masyarakat yang terpapar hanya karena ikut menegakkan demokrasi. Keselamatan dan kesehatan masyarakat haruslah menjadi prioritas. Keterlibatan semua pihak dalam hal ini sangat diperlukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat, berdasarkan data terkini setidaknya ada 63 bakal calon peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) yang sementara ini telah terkonfirmasi positif Covid-19.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>