Kemenag Catat 13 Jemaah Umrah Indonesia Positif COVID-19


Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kementerian Agama mencatat ada 13 jemaah umrah Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci Mekah, Arab Saudi, terkonfirmasi positif COVID-19.

Direktur Bina Umrah dan Haji khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim, menjelaskan mengenai pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia. Sampai saat ini ada tiga kloter atau tiga gelombang keberangkatan jemaah umrah dari Tanah Air ke Arab Saudi.

Pertama, tanggal 1 November, sebanyak 224 jemaah umrah yang berangkat. Pada tanggal 3 November ada 89 jemaah umrah yang berangkat. Dan, pada tanggal 8 November ada 46 jemaah umrah yang berangkat.

“Betul bahwa ada jemaah kita yang terkonfirmasi positif, setelah dilakukan PCR, swab test di Mekah, pada waktu proses karantina,” kata Arfi dalam acara dialog “Perkembangan Terkini: Umrah Aman Saat Pandemi” melalui siaran YouTube BNPB Jakarta, Rabu, (11/11/2020).

Kata dia, gelombang pertama pada 1 November itu, data yang didapatkan dari dua kali swab itu ada 8 jemaah Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Kemudian, gelombang kedua tanggal 3 November ada 5 orang yang terkonfirmasi positif. Sedangkan untuk gelombang ketiga tidak ada sampai saat ini.

“Artinya, secara total positif ada 13 orang jemaah kita yang terkonfirmasi positif, selama dilakukan karantina PCR, swab dan tes di Arab Saudi,” katanya.

Penanganannya, lanjut dia, tentu dari pemerintah Arab Saudi. Mereka sudah dilakukan proses isolasi. Sambil menunggu waktu akan dilakukan swab dan tes ulang juga. “Mudah-mudahan hasilnya sudah negatif,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>