Menhub Budi Karya: Manggarai akan Jadi Pusat Stasiun Kereta di Jabodetabek


Budi Karya, Menhub, Menteri,
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Stasiun LRT Dukuh Atas untuk mengecek progress pembangunan LRT Jabodebek. Sebelumnya, dia sempat menilik pengembangan Stasiun Manggarai.

Dia mengatakan, Stasiun Manggarai akan menjadi pusat stasiun kereta api di Jabodetabek. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh stakeholder untuk mempercepat pengembangan stasiun tersebut.

“Kami ke Stasiun Manggarai, dan kami lihat progress berjalan dengan baik, tapi memang saya minta ada beberapa percepatan. Manggarai akan jadi pusat stasiun kereta api (KA) di Jabodetabek,” ujar Budi dalam keterangan pers di Stasiun LRT Dukuh Atas, Minggu (29/11).

Nantinya, semua jurusan KRL dari seluruh jurusan di Jabodetabek akan bersinggungan di Stasiun Manggarai. Kereta api jarak jauh (KAJJ) yang menuju luar Jakarta akan melalui jalur Manggarai.

“Hanya beberapa saja yang di Senen dan Gambir,” katanya.

Dengan demikian, pihaknya tengah mempersiapkan jalur mandiri untuk tiap jurusan untuk mencegah penumpukan jalur di titik singgungan tertentu. “Juga kereta bandara kita siapkan station-station, sehingga antara Depok line, Bekasi line, tidak numpuk di suatu tempat tapi memiliki line sendiri-sendiri. Kita harap akhir 2022 akan selesai semua,” ujarnya.

Budi meminta seluruh stakeholder untuk menyelesaikan permasalahan yang masih mengganggu pengembangan stasiun ini.

“Saya minta KAI dan kontraktor untuk selesaikan masalah tanah, percepatan pembangunan dan koordinasi dengan stakeholder yang ada terutama berkaitan dengan antar moda di Jakarta, apakah antara KAJJ dan KRL juga dengan Transjakarta,” tuturnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>