Usai Pilkada 2020, PDIP Klaim Geser Dominasi PAN di Sultra


Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers tentang Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (21/12/2019). PDI Perjuangan akan menggelar Rakernas I sekaligus peringatan HUT ke-47 pada 10-12 Januari 2020 di Jakarta dengan mengangkat tema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional".AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, hasil hitung cepat dan real count Pilkada Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat lima kemenangan kader PDIP dari tujuh Pilkada.

Hasto mengatakan, hasil itu merupakan kabar gembira. Dibantu dengan kekuatan partai serta figur calon dengan semangat gotong royong, PDIP berhasil menggeser peta politik yang didominasi oleh PAN.

“Apalagi Sultra selama ini lebih dikenal sebagai basis PAN dan Partai Golkar. Jadi berdasarkan hasil pilkada 2020 di Sultra, akan terjadi pergeseran peta politik di Sultra. Dominasi PAN bergeser ke PDI Perjuangan,” ujar Hasto dalam keterangannya, Jumat (11/12)

Hasto mengatakan, hasil mengejutkan adalah Kabupaten Wakatobi. Setelah sempat lepas, kini kembali dipegang oleh kader PDIP.

PDIP dalam mengkonsolidasikan Pilkada Sultra, DPP menugaskan Wiryanti Sukamdani dan Ketua DPD PDIP Lukman Abunawas. Kemenangan PDIP ini kata Hasto, semakin sempurna karena pada lima pilkada Sultra PDIP mengusung kader murni.

“Saya telah melaporkan hasil pilkada Sultra kepada Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri. Respons Ibu Megawati, supaya Partai mengawal proses penghitungan hingga keluar keputusan resmi KPU. Jangan sampai terjadi pergesekan antarsesama pendukung calon kepala daerah,” ujar Hasto.

“Ibu Megawati juga menitip pesan, kepercayaan masyarakat Sultra agar dijaga dengan sebaik-baiknya dan setelah dilantik agar mereka segera bekerja untuk rakyat. Melalui berbagai kebijakan pro rakyat apalagi ditengah pandemi Covid-19,” kata Hasto.

Berikut daftar kader PDI Perjuangan yang menang di Pilkada Sultra.

  1. Muna
    Bupati: Rusman Emba (Ketua Bappilu, DPC Muna)
    Wakil Bupati: Bahrun
  2. Wakatobi
    Bupati: Haliana (ketua DPC Wakatobi)
    Wakil Bupati: Ilmiati Daud
  3. Kolaka Timur
    Bupati : Samsul Bahri (kader PDIP, bakal Ketua DPC)
    Wakil Bupati: Andi Meri
  4. Konawe Utara
    Bupati: Ruksamin (kader PBB)
    Wakil Bupati: Abu Haera (kader PDIP)
  5. Konawe Kepulauan
    Bupati: Amarullah
    Wakil Bupati: Andi Muhamad Luthfi (kader PDIP)
slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>