Usai Hadiri Rapat Uni Eropa, PM Slovakia Positif Covid-19


Perdana Menteri Slowakia Igor Matovic tiba untuk menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, Belgia 17 Juli 2020. [John Thys / Pool via REUTERS / File Photo]

Perdana Menteri (PM) Slovakia Igor Matovic mengatakan dirinya positif terinfeksi virus corona (Covid-19) pada Jumat (18/12).

“Hari ini, saya merupakan salah satu dari kalian. Saya semula berencana menghabiskan liburan Natal dengan membantu sebuah rumah sakit. Sekarang rencana itu sepertinya akan sedikit berubah,” kata Matovic di laman Facebooknya sambil menyertakan foto hasil pemeriksaan Covid-19.

Diagnosa Matovic keluar sepekan setelah dirinya menghadiri pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa di Brussels, Belgia.

Pertemuan tinggi itu juga dihadiri oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron yang lebih dulu menyatakan dirinya positif corona.

Pengumuman Macron itu membuat sejumlah pemimpin negara Eropa dan pejabat Prancis melakukan isolasi mandiri dan pemeriksaan Covid-19.

Departemen Pers Slovakia menuturkan kepada AFP bahwa hasil tes corona Matovic keluar pada Kamis (17/12). Sejak itu, sang PM dikabarkan membatalkan seluruh kegiatan dan aktivitasnya.

Media lokal Slovakia menuturkan pemerintah telah menyerukan kepada seluruh menteri dan pejabat tinggi lainnya untuk melakukan tes corona tak lama setelah hasil pemeriksaan Matovic keluar.

Wakil PM Veronika Remisova dan Menteri Pertahanan Jaroslav Nad mengumumkan keduanya juga terinfeksi virus corona.

Hingga kini, Slovakia tercatat memiliki lebih dari 146 ribu kasus corona dengan lebih dari 1.400 kematian. Slovakia mencatat rekor 4.000 kasus corona baru harian pada Kamis pekan ini.

Macron dan Matovic merupakan pemimpin negara terbaru yang terinfeksi virus serupa SARS tersebut.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga sempat mengidap Covid-19.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>