Wagub Riau Sebut Hutan Sengaja Dibakar Jadi Pengalih Isu Peredaran Narkoba


Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution, Foto: riau.go.id/

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau pasalnya bisa saja terjadi sebagai langkah pengalihan isu peredaran narkoba.

Edy mengatakan, ada dua kemungkinan alasan mengapa kebakaran hutan sering terjadi di Riau. Pertama, karena masyarakat ingin memperluas lahan perkebunan. Selain itu, ada dugaan hutan sengaja dibakar sebagai pengalihan dari isu peredaran narkoba melalui ‘jalan tikus’ di Riau ke luar negeri.

“Ada kasus sedikit berbeda yang pernah saya amati, terjadi kasus kebakaran dekat pemukiman masyarakat, jadi dugaan saya, saat itu di saat orang sibuk dengan Karhutla, ini pelaku narkoba di jalan tikus mencoba mengalihkan perhatian dengan cara membakar,” kata Edy dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Youtube BNPB, Jumat (5/3).

Edy mengatakan ada tiga pulau terluar di Riau yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yakni Kepulauan Meranti, Pulau Bengkalis, dan Pulau Rupat. Tiga pulau ini lah yang diduga sebagai ‘jalan tikus’ peredaran narkoba.

Terkait dugaan peredaran narkoba ini, Edy mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian Riau untuk menindaklanjuti. Ia juga meminta masyarakat untuk melihat kasus Karhutla di Riau secara berbeda dengan kasus kebakaran hutan lainnya.

Mengingat, lanjut dia, adanya kemungkinan dugaan pengalihan isu peredaran narkoba tersebut.

“Sehingga saya lihat kasus di Riau sedikit berbeda dengan kasus sebelumnya. Satgas fokus semua ke Karhutla akhirnya lolos mereka, dan ini sudah saya sampaikan ke Kepolisian sehingga diperketat razia-razia narkoba itu,” ucap Edy.

Meski demikian, Edy tidak memungkiri ada “tangan jahil” yang ingin membakar hutan demi keuntungan ekonomi. Da mengatakan, opsi tersebut dipilih karena upaya perluasan lahan dengan cara membakar hutan lebih murah biayanya ketimbang membabat dengan ekskavator.

“Kalau kita lihat permasalahan yang ada di Riau itu sebagian besar diakibatkan oleh tangan jahil manusia yang sebenarnya latar belakangnya beda-beda, ada yang memang untuk kepentingan secara ekonomis ada juga kepentingan lain seperti membuat suatu perhatian, seperti peredaran narkoba tadi,” tutur dia lagi.

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan sejumlah lembaga menerapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk memadamkan karhutla yang meluas di Provinsi Riau.

Mengutip situs SiPongi, pada periode 23 Februari-1 Maret titik api di Riau hanya berjumlah dua. Angka ini menurun dari periode 16-22 Februari sebanyak 31 titik api.

Namun Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau memprediksi kejadian karhutla di wilayah tersebut masih akan terus berlanjut hingga Idul Fitri atau Mei 2021. Alasannya karena faktor utama karhutla yang dinilai belum dibenahi dan berkaca pada waktu kejadian Karhutla setiap tahunnya.
Infografis Fakta Satwa yang Terancam Kabut Asap KarhutlaInfografis Fakta Satwa yang Terancam Kabut Asap Karhutla.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>