Sebelum Dukung untuk Pilgub DKI, Ketum PAN Ingin Lihat Kinerja Gibran di Solo


AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan masih ingin melihat kinerja Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming sebelum memutuskan untuk mendukungnya dalam kontestasi politik selanjutnya di DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, saat Pilwalkot Solo, PAN sudah memberikan dukungan langsung dalam pencalonan Gibran. Masih banyak waktu bagi putra Joko Widodo itu untuk membuktikan janji kampanyenya.

“Dia kan baru jadi Wali Kota, kita dukung semoga dia sukses, bekerja dengan baik Pilkada kan masih lama 2024, nantilah kita lihat. Saya dukung kampanye ke Solo, biar sukses dulu di Solo,” ucap dia saat ditemui di Bandung.

Di luar DKI Jakarta, Zulkifli Hasan memiliki kader untuk dimunculkan dalam Pilgub Jabar. Beberapa nama itu adalah Desy Ratnasari hingga Bima Arya. Namun, sebelum mengejar itu, ia menginginkan ada penambahan kursi signifikan.

Di Jawa Barat, saat ini PAN hanya punya tujuh kursi parlemen. Jika pada saat pemilihan legislatif pada 2024 kursinya tidak meningkat, ia membuka peluang koalisi dengan posisi calon disesuaikan.

“Kan (pemilihan 2024) nanti pileg dulu, kita rebut dulu biar banyak, kalau kursinya banyak layak untuk Gubernur. Kalau tidak layak, ada yang lebih bagus lagi, kita gapapa (mencalonkan kader PAN) nomor dua (wakil calon gubernur),” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi siap mendukung Gibran maju Pilgub DKI Jakarta karena dianggap punya elektabilitasnya bagus. Pilkada serentak sendiri akan diselenggarakan bulan November 2024, setelah Pemilu 2024 bulan April.

“Jika Mas Gibran berniat maju dan berpeluang besar menang karena memiliki elektabilitasnya bagus, tentu PAN akan mendukung di Pilkada DKI 2024,” kata kepada wartawan, Kamis (25/3).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>