Usai Ritual Mandi di Sungai, 1.000 Orang India Positif Covid-19


Umat Hindu India berendam di perairan suci di Sangam, yang merupakan pertemuan Sungai Gangga, Yamuna dan sungai Saraswati, Senin (4/2/2019), pada berlangsungnya Festival Kumbh Mela. (AFP/UTTAR PRADESH PR DEPT)

Lebih dari seribu orang di India dinyatakan positif Covid-19 setelah perayaan ritual mandi di sungai alias Kumbh Mela berjalan dalam hari belakangan.

AFP melaporkan bahwa pihak berwenang melaporkan angka infeksi ini setelah melakukan tes terhadap 50 ribu peserta Kumbh Mela di kawasan Haridwar, Uttarakhand, dalam 48 jam belakangan.

Pemerintah negara bagian Uttarakhand melaporkan bahwa dari pemeriksaan tersebut, 408 di antaranya dinyatakan positif pada Senin (12/4), sementara 594 lainnya menyusul sehari kemudian.

Meski mengetahui tingkat infeksi Covid-19 di India meningkat drastis, para pemeluk agama Hindu di Haridwar tetap ingin menjalani ritual Kumbh Mela.

“Iman kami merupakan hal terbesar bagi kami. Begitu besar kepercayaan itu, banyak orang datang untuk mandi di Sungai Gangga. Mereka percaya bahwa Maa (ibu) Gangga akan menyelamatkan mereka dari pandemi,” ujar salah satu penyelenggara Kumbh Mela, Siddharth Chakrapeni.

Kumb Mela menjadi salah satu penyumbang terbanyak kasus positif Covid-19 di India. Selain itu, warga India memang kerap tak mematuhi protokol kesehatan.

Negara pimpinan Narendra Modi ini pun kini menempati urutan kedua negara dengan kasus infeksi Covid-19 paling banyak, menyalip posisi Brasil sebelumnya.

Secara keseluruhan, India sudah mencatat total 13,53 juta kasus per Senin. Sementara itu, jumlah kasus corona di Brasil mencapai 13,45 juta orang.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>