Usai Tahlilan, 21 Warga Semper Barat Positif Covid Terpapar


Ilustrasi, Foto: Xiong Qi/Xinhua via AP

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 21 warga di lingkungan RT 001/RW 004, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Ketua RW 004, Muhammad Roji mengatakan penyebaran Covid-19 di wilayahnya itu bermula dari tahlilan warga yang meninggal terinfeksi Covid-19.

Padahal, kata Roji, warga yang meninggal itu sebelumnya juga sudah dimakamkan dengan menggunakan protokol kesehatan.

“Setelah itu malamnya pada melayat (tahlilan). Ya situ jadi ada yang penularan, warga ada yang positif,” ujar Roji saat dihubungi, Jumat (4/6/2021).

Roji menyebut 21 orang yang positif itu ditemukan setelah pihaknya melakukan tes terhadap ratusan warga. Saat ini, kata dia, dari 21 orang yang positif sudah mendapat penanganan.

Sebanyak empat orang dirawat di rumah sakit, kemudian 16 lainnya menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, dan seorang lagi menjalani karantina mandiri di kediamannya.

“Karena dia rumahnya layak. Yang enggak layak dikirim ke Wisma Atlet, jadi enggak bisa isolasi di rumah,” ujarnya.

Menurut Roji, sampai saat ini kawasan RT 001/RW 004 juga masih menerapkan mikro lockdown untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya masih mendalami kasus infeksi corona yang terjadi terhadap 21 warga Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

“Nanti ini masih dikaji. Kita akan cari tahu apakah penyebabnya mudik, atau penyebabnya silaturahmi lebaran. Atau ada tahlilan,” ujar Riza di kompleks Balai Kota, Kamis (3/6).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>