Sumba Barat Daya Kembali Diguncang Gemp 5 SR


Ilustrasi Gempa Bumi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kali ini gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter itu terjadi di Sumba Barat Daya, Rabu (3/8/2021) pukul 02.44 WIB.

Gempa bumi terletak pada koordinat 9.41° Lintang Selatan, 119.30° Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 13 kilometer arah Timur Laut Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, pada kedalaman 63 kilometer.

Observer gempa bumi Stasiun Geofisika Kupang, Mario Charlos Rohi Koten kepada merdeka.com mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah, akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Pulau Sumba.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” jelasnya.

Menurut Mario Charlos Rohi Koten, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Tambolaka III-IV MMI, atau jika terjadi pada siang hari maka dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sementara di Waikabubak III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi Tsunami.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutup Mario. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>