Jika PPKM Level 2, Pemkab Garut Mulai Pembelajaran Tatap Muka


Ilustrasi Sekolah, Foto: Ist

AKTUALITAS.ID – Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) saat ini tengah direncanakan oleh pemerintah Kabupaten Garut. Namun rencana PTM itu baru akan dilakukan manakala Kabupaten Garut masuk ke pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pihaknya menargetkan Garut masuk level 2 di Agustus ini. “Tentunya untuk mencapai itu tentu harus ada kerjasama dari masyarakat juga. Kalau masyarakatnya susah seperti ini ya susah,” ujarnya, Senin (9/8/2021).

Menurutnya, sebetulnya masyarakat dan para orang tua siswa sangat menginginkan agar bisa segera melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka. Oleh karena itu menurutnya semua harus kompak untuk mewujudkannya.

“Kalau masyarakat dan orang tua mau Agustus ini terlaksana kegiatan pembelajaran tatap muka, maka kita harus bersama-sama berjuang. Jangan ada kerumunan, karena level itu ditentukan oleh masyarakat,” jelasnya.
Pembelajaran tatap muka, dijelaskan Rudy, bisa dilakukan di PPKM level 2 secara terbatas dengan kapasitas 25 persen. Selain jumlahnya yang terbatas, jam pelajarannya pun dibatasi.

“Beda lagi kalau kemudian Kabupaten Garut masuk PPKM level 1. “Itu dishift dan jumlah siswanya 50 persen,” ucapnya.

Dalam penentuan level, diungkapkannya, hal tersebut ditentukan oleh empat faktor. Keempat faktor itu adalah bed occupancy rate (BOR) yang rendah, tingkat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 stabil dibawah 50, kasus aktifnya menurun, dan angka kematian terkendali.

“Kalo level dua ke satu itu juga kriterianya hampir sama. Saat ini kami tengah menunggu putusan PPKM level mala mini. Kita belum tahu masuknya level berapa,” tutupnya. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>