Jual Informasi Rahasia Kapal Selam Nuklir, Teknisi Angkatan Laut AS Ditangkap


Ilustrasi, Kapal selam nuklir pembawa rudal balistik China, Foto: Daily Sta

Teknisi nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan istrinya ditangkap atas dugaan spionase setelah diduga berusaha menjual informasi rahasia, menurut Departemen Kehakiman AS.

Menurut catatan pengadilan yang dibuka pada Minggu, Jonathan Toebbe dan istrinya, Diana Toebbe, ditangkap dan didakwa melanggar UU Energi Atom, berusaha menjual desain kapal perang bertenaga nuklir ke seseorang yang mereka yakini seorang perwakilan kekuatan asing.

Departemen Kehakiman menyampaikan, Toebbe, yang memegang izin keamanan, tanpa disadari berkomunikasi dengan agen FBI dan menyampaikan rahasia militer sensitif, dalam skema yang berlangsung hampir setahun.

Pada Desember 2020, seorang pejabat FBI menerima paket dari seseorang yang mencoba membangun “hubungan rahasia” dengan perwakilan dari negara asing, yang diidentifikasi hanya sebagai “NEGARA1” dalam dokumen pengadilan.

Toebbe mencantumkan alamat pengirim di Pittsburgh, Pennsylvania, yang berisi contoh data terbatas dan instruksi untuk menjalin hubungan rahasia guna memperoleh informasi tambahan.

Dia mulai berkorespondensi melalui email terenkripsi dengan seorang individu yang dia yakini sebagai perwakilan dari pemerintah asing, yang merupakan agen FBI yang menyamar, dan melanjutkan korespondensi selama beberapa bulan sebelum mencapai kesepakatan pertukaran untuk ribuan dolar dalam mata uang kripto.

Agen yang menyamar mengirim USD 10.000 mata uang kripto ke Toebbe sebagai pembayaran “itikad baik” sebelum dia setuju untuk melakukan perjalanan ke lokasi di West Virginia untuk menyelesaikan transaksi. Dengan istrinya yang bertindak sebagai pengintai, Toebbe menyembunyikan kartu SD di dalam sandwich selai kacang di lokasi “dead drop” yang telah diatur sebelumnya.

Agen yang menyamar mengirim Jonathan Toebbe pembayaran cryptocurrency sebesar USD 20.000 dan menerima kembali kunci dekripsi untuk kartu SD, yang berisi data terbatas pada reaktor nuklir kapal selam AS.

FBI menangkap Toebbe dan istrinya pada Sabtu. Jaksa Agung Merrick B Garland menyambut baik penangkapan tersebut.

“Kerja FBI, jaksa Departemen Kehakiman, Badan Investigasi Kriminal Angkatan Laut dan Departemen Energi sangat penting dalam menggagalkan rencana yang didakwakan dalam pengaduan dan mengambil langkah pertama untuk membawa para pelaku ke pengadilan,” jelasnya, dikutip dari Al Jazeera, Senin (11/10).

Toebbe merupakan pegawai di Program Propulsi Nuklir Angkatan Laut, juga dikenal sebagai Reaktor Angkatan Laut, dan memiliki akses ke informasi yang berkaitan dengan elemen desain sensitif militer, parameter operasi, dan karakteristik kinerja reaktor untuk kapal perang bertenaga nuklir.
Mesir menargetkan vaksinasi kepada 40 juta penduduk dari 100 juta populasi pada akhir tahun. Namun upaya itu sejauh ini terhambat akibat pasokan dan penolakan dari warga.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>