Pada Pemilu 2024, PPP Buka Opsi Bikin Poros Ketiga Bersama NasDem dan PAN


Anggota Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi

AKTUALITAS.ID – Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, poros ketiga masih mungkin terbentuk dalam Pemilu 2024. Meskipun, ambang batas pencalonan presiden 20 persen kursi di DPR. Menurut Awiek, sapaan akrabnya, poros pertama diinisiasi PDI Perjuangan, kedua poros Golkar.

“Dengan ketentuan 20 persen kursi dan 25 persen suara itu berpotensi menjadi tiga poros. Kalau di beberapa media menyebutkan adalah satu poros PDIP, satu poros Golkar dan satu lagi poros lainnya,” ujar Awiek dalam diskusi di DPR RI, Kamis (14/10/2021).

Poros ketiga itu, kata Awiek, juga tergantung PPP. PPP bisa membentuk poros baru bersama NasDem dan PAN.

“Di poros yang lain itu, itu tergantung PPP juga, apakah PPP tertarik dengan poros ketiga misalkan NasDem, PAN, PPP itu sudah 21 persen, itu memang memungkinkan,” ujarnya.

Namun, Awiek menegaskan, sampai hari ini belum ada pembicaraan untuk membentuk poros ketiga itu. Kata dia, partai politik punya manuver dan strategi masing-masing termasuk PPP.

“Itu memang memungkinkan tetapi kita tak membicarakan jauh kesana, sekarang terkait dengan manuver partai lainnya, itu sah-sah kalau mau bermanuver karena partai politik memiliki strategi masing-masing termasuk dari PPP,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>