Ridwan Kamil: Karena Miliki Chemistry Dengan Pengurusnya, PPP Masuk Dalam Opsi


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan pidato pelatihan relawan penanggulangan COVID-19 di SMKN 3, Bandung, Jawa Barat, Senin (19/10/2020). Pemprov Jawa Barat bersama BNPB dan Satgas COVID-19 menggelar pelatihan yang diikuti oleh tiga ribu orang dari berbagai organisasi dan instansi di Jawa Barat guna memberikan edukasi pada masyarakat sehingga laju pertambahan dan perkembangan kasus COVID-19 di provinsi tersebut dapat menurun. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Ridwan Kamil masih mencari partai untuk dijadikan kendaraan politik. Dia mengatakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masuk dalam opsi karena memiliki chemistry dengan para pengurusnya.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri acara Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama PPP di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021).

“Seperti saya sampaikan saya sedang istikharah mencari partai. Mudah-mudahan di suatu hari di tahun depan bisa melabuhkan keputusan yang paling baik. Salah satu opsinya ke PPP, ” kata dia.

“PPP mengusung saya di Pilgub Jabar, motor utama, wagub saya dari PPP, saya kenal baik ketua umumnya, bahkan saya didoakan almarhum Mbah Maimun secara khusus. Jadi lahir batin kedekatannya sangat kuat,” Ia melanjutkan.

Di sisi lain, soal Pilpres 2024, Ridwan Kamil menilai tidak menutup kemungkinan memutuskan untuk maju dalam kontestasi. Namun, semuanya bergantung dukungan yang diterima.

Hal itu pula yang membuat dia bersikap tahu diri. Meski komunikasi dengan beberapa partai dan tokoh politik terjaga, namun keputusan akhir maju dalam Pilpres 2024 tetap belum bisa dipastikan.

Diketahui, pria yang akrab disapa Emil ini berkarir di dunia politik tanpa partai. Dua jabatan kepala daerah, Wali Kota Bandung dan saat ini Gubernur Jawa Barat diraih dengan status bukan kader partai manapun.

“Kalau pintu terbuka ya tidak menolak. Tapi kalau tidak ada tidak masalah. Karena kepemimpinan itu bentuknya kebermanfaatan,” Ia melanjutkan.

“Saya tidak pilih-pilih, justru saya punya politik tahu diri. Karena tahu diri tidak punya perahu, tak punya partai, tentunya siapa yang mengekspresikan kebaikhatian tentu harus dibalas kebaikan juga,” terang dia.

Di tempat yang sama, Sekjen PPP, Arwani Thomafi mengatakan hubungan politik dengan Ridwan Kamil sangat baik. Kepemimpinannya dengan Uu Ruzhanul Ulum yang merupakan salah satu kader PPP disebut memuaskan.

Di singgung mengenai sosok yang akan didukung, partai berlambang kabah ini terbuka dengan siapapun. Salah satu pertimbangan sebelum memutuskan adalah restu dari para kiayi dan ulama.

“Forum Munas kali ini tentu para kyai para ulama dan habaib di PPP sudah mengenal beliau dan forum ini akan menjadi modal bagi kami di DPP untuk nantinya mengambil langkah selanjutnya, menjaring lah,” kata dia.

” Kriteria atau harapan dari para kyai dan ulama, PPP ingin ada sosok pemimpin ke depan ini yang mampu memberi ruang yang luas bagi kepentingan perkembangan keumatan,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>