Hadapi Bencana Banjir, Pemkot Banjarmasin Tetapkan Status Siaga


Banjir di daerah Jatiwaringin, Pondok Gede- Bekasi, Rabu, (1/1/2020). Banjir disebabkan karena curah hujan yang lebat mengguyur Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi sejak malam hari. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan siaga menghadapi kemungkinan terjadi bencana banjir di wilayahnya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan bahwa pemerintah kota sudah menetapkan status siaga darurat banjir, air pasang, dan puting beliung.

“Kita gerakkan seluruh potensi masyarakat, baik dari komunikasi, pemadam kebakaran, emergency (kedaruratan), dan juga dinas kesehatan, dinas perhubungan, dan Satpol PP untuk hadapi banjir, air pasang, dan puting beliung,” katanya mengutip Antara, Senin (22/11/2021).

Menurut dia, posko-posko penanggulangan bencana juga sudah dibentuk di setiap kecamatan, komando rayon militer, dan markas kepolisian.

“Posko induk ada di BPPD Kota Banjarmasin yang setiap saat aktif,” kata Ibnu Sina.

Di samping itu, ia mengatakan, pemerintah kota sudah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tanggap darurat bencana.

“Anggaran tanggap darurat sudah disiapkan, dan juga anggaran belanja tak terduga (BTT) yang setiap saat bisa dipakai,” ujarnya.

“Anggaran BTT bisa dimanfaatkan untuk penanganan (bencana) asalkan ada penetapan status darurat bencana. Kita sudah tetapkan status darurat ini sejak 18 November,” ia menambahkan.

Hujan deras telah menyebabkan bencana banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk Hulu Sungai Tengah. Kota Banjarmasin yang berada di hulu Sungai Martapura dan berdekatan dengan laut juga berisiko menghadapi bencana banjir.

Sebelumnya, banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, sudah berlangsung satu bulan sementara Presiden Joko Widodo belum juga turun. Tercatat, selama dari Januari hingga November, semua provinsi di Kalimantan sudah pernah mengalami banjir besar.

Banjir besar sudah melanda Kalimantan Selatan pada Januari 2021. Selanjutnya, pada Mei, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur juga dilanda banjir besar.

Banjir juga melanda Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur pada September. Terbaru, banjir melanda Kalimantan Barat dan hingga kini belum juga surut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>