Gubernur Khofifah Apresiasi Pameran Foto “Mahameru” PFI Surabaya


Gubernur Khofifah saat menikmati karya fotografer jatimnow.com Fajar Mujianto. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi pameran foto bertajuk “Mahameru” yang digelar Pewarta Foto Indonesia (PFI) Surabaya pada 24 hingga 26 Februari 2022.

“Pameran ini inspirasi untuk terus bisa membangun solidaritas kemanusiaan. Ini adalah nilai luar biasa yang terlahir dari teman-teman fotografer, para pewarta foto di Jawa Timur,” ujarnya saat membuka pameran “Mahameru” di Royal Plaza Surabaya, Kamis (24/2/2022) sore.

Menurut Khofifah, pameran yang digelar PFI Surabaya menjadi inspirasi luar biasa dan mudah-mudahan akan terus terjaga agar dapat ditumbuhkembangkan.

“Jadi, menurut saya nilai pertama adalah nilai humanisnya, bagaimana solidaritas kemanusiaan itu terbangun oleh pewarta foto. Kemudian kedua, setelah selesai diedit, diseleksi ada display,” ucap dia.

“Saya mengajak seluruh warga yang sedang di Jatim atau di Surabaya tengok karya foto jurnalis-jurnalis keren dari Jatim yang mengekspresikan bagaimana Semeru. Jadi, bukan hanya awan panas guguran(APG), tapi bagaimana eksotiknya Semeru,” katanya menambahkan.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga berharap ada semangat untuk menjaga daya dukung, keasrian dan keindahan gunung yang memberikan referensi bagi masyarakat.

“Inspirasi bagi semua dan kemudian membangun harmoni antara kehidupan manusia dan manusia, lalu dengan alam. Setelah itu akan terbangun hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Saya rasa itu menjadi kekuatan dari sisi kemanusiaan kita,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua pelaksana pameran Dipta Wahyu Pratomo mengatakan gelaran pameran foto “Mahameru” untuk refleksi terhadap peristiwa yang terjadi pada akhir tahun 2021.

Selain itu, PFI Surabaya ingin menampilkan keindahan dari gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

“Kami ingin menampilkan dua sisi keindahan. Dari pameran ini ada keindahan alam yang ditampilkan Semeru, hingga bencana erupsi Semeru yang menelan banyak korban jiwa,” kata dia.

Terdapat sebanyak 50 foto karya dari 22 fotografer Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik yang dipamerkan.

“Pada kesempatan ini kami juga membuka donasi untuk disumbangkan kepada masyarakat terdampak Semeru,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>