Bertolak ke Jepang, Menag Yaqut Jajaki Saling Keberterimaan Produk Halal


Menag Yaqut Cholil Qoumas

AKTUALITAS.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas didampingi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Aqil Irham berangkat ke Jepang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (10/7/2023) malam.

Dalam lawatannya kali ini, Menag Yaqut dijadwalkan akan memantau proses asesmen dua lembaga halal luar negeri (LHLN) asal Jepang, yaitu Japan Islamic Trust (JIT) dan Japan Muslim Association (JMA).

“Kita akan melakukan asesmen di sana. Apakah yang mereka lakukan di sana sesuai dengan standar regulasi yang ada di Indonesia sehingga produk-produk mereka bisa masuk ke Indonesia,” kata Menag.

Di samping itu, Menag beserta tim juga dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa stakeholder di Jepang untuk menjajaki peluang keberterimaan produk halal di negeri sakura tersebut.

“Itu sebenarnya yang paling utama. Karena sebenarnya kalau kita kemasukan barang-barang halal dari Jepang itu sudah biasa,”ujar Menag.

“Nah ini bagaimana barang-barang halal kita dapat masuk leluasa ke Jepang. Dan ini saya kira penting untuk dilakukan, terutama agar UMKM kita di Indonesia dapat mengembangkan sayapnya lebih luas di dunia global,” imbuhnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>