Tingkatkan Kapasitas OKP, Kemenpora Terus Matangkan Persiapan Acara Festival Pemuda Indonesia


AKTUALITAS.ID – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus mempersiapkan penyelenggaraan Festival Pemuda Indonesia 2023. Langkah yang dilakukan yaitu dengan menggelar rapat berkala bersama pihak panitia, sebagaimana pada Rabu (6/9) siang di Lantai 10 Graha Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

Mewakili Menpora Dito Ariotedjo, Plt. Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan memimpin rapat ini, yang dihadiri staf khusus (Stafsus) Alia Noorayu Laksono beserta Hasintya Saraswati, serta rombongan dari panitia event 3Point.

“Beberapa kali kita menggelar rapat persiapan Festival Pemuda Indonesia. Dan di setiap pertemuan selalu ada progres. Pertemuan ini yang keempat kali, tentu progresnya lebih mantap lagi,” kata Yohan.

Plt. Deputi lantas mendengarkan pemaparan dari 3Point perihal progres yang sedang berlangsung. Di antaranya mengenai penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan demi menghasilkan acara yang efektif dan efisien.

Dalam rapat ini, Plt. Deputi memberikan perhatian pada beberapa hal. Mulai dari bagaimana peluncuran acaranya, pelaksanaan, serta penutupannya. Termasuk perihal keberlangsungan kegiatan ini di tahun-tahun berikutnya, turut menjadi perhatian.

Kemenpora, sebut Plt. Deputi, menyerahkan kepada pihak panitia untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan. Termasuk dalam hal sosialisasi kegiatannya.

“Videotron di kementerian-kementerian yang mendukung kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk sarana promosi,” urai Yohan.

Festival Pemuda Indonesia ini sendiri merupakan kegiatan yang melibatkan organisasi kepemudaan dan kepramukaan yang berperan secara aktif dengan dukungan kementerian dan lembaga pemerintah. Tujuannya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas organisasi tersebut serta indeks prestasi pemuda (IPP), membangun semangat kolaborasi antarorganisasi kepemudaan yang bersinergi dengan Kemenpora.

Kegiatan ini rencananya digelar di lingkungan Graha Kemenpora pada 9 sampai 14 Oktober 2023 dengan melibatkan ratusan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Serangkaian agenda direncanakan mengisi festival ini mulai dari pertandingan olahraga dan seni budaya, gelar wicara, pameran program kolaborasi kementerian dan pemuda, lomba pameran booth OKK, UMKM dan Food Truck, serta festival musik.

“Pameran kolaborasi kementerian dan pemuda menjadi kunci dari kegiatan festival Pemuda Indonesia. Harapannya setiap kementerian yang punya program kepemudaan bisa bikin event di sini,” terang Ilham dari panitia.

Adapun rapat tersebut menyepakati beberapa poin yang akan disampaikan kepada Menpora Dito untuk ditindaklanjuti. Khususnya kepastian format kegiatan yang akan dilakukan. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>