Indonesia Perkuat Kemitraan Bisnis dengan Eropa melalui Indonesia-Europe Bisnis Forum (IEBF) 2023


AKTUALITAS.ID – Forum bisnis untuk memperkuat kemitraan antara Indonesia dan negara-negara Eropa Indonesia-Europe Business Forum (IEBF) akan diselenggarakan Ditjen Amerika dan Eropa 17-18 Oktober 2023 di Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta. Platform bisnis ini diselenggarakan dengan dukungan KADIN Indonesia.

Dirjen Umar Hadi menyampaikan bahwa IEBF 2023 akan mengangkat tema “Optimizing Indonesia-Europe Business Opportunity to Support Sustainable and Inclusive Economic Development” dengan 5 sektor prioritas yakni: machineries and electronics, creative industry, digital economy, health infrastructure and energy transition.

Wakil Ketua Umum KADIN Shinta Kamdani menyebutkan bahwa IEBF 2023 akan fokus pada sisi bisnis sehingga kegiatan utama direncanakan berupa business pitching dan business matching. Saat ini dinilai masih terdapat ruang untuk penetrasi produk Indonesia di pasar Uni Eropa dan bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Untuk Business Pitching telah terkonfirmasi 8 orang narasumber Indonesia dari sektor otomotif, makanan dan minuman, gaming, farmasi dan electromobility battery. Sementara untuk business matching telah dilakukan 8 kegiatan preliminary business matching dan diperkirakan lebih dari 50 sesi business matching pada saat kegiatan IEBF mendatang.

IEBF juga akan menyaksikan penandatanganan 8 MoU/LOI kerja samadan 6 pengumuman kesepakatan bisnis di berbagai bidang, di antaranya perhubungan, energi dan energi terbarukan, alutsista, alat kesehatan, agrikultur, ketenagakerjaan, dan food and beverage.

Eropa merupakan salah satu sumber investasi dan teknologi dalam mendukung upaya Indonesia meningkatkan kapasitas industri dan industri hilir, menerapkan keberlanjutan, serta memajukan kreativitas dan inovasi. Negara-negara di kawasan Eropa, khususnya Uni Eropa, merupakan mitra pembangunan Indonesia dan investor potensial untuk pelaksanaan peralihan ke ekonomi hijau dan pengembangan kerja sama strategis seperti infrastruktur dan critical technology.

IEBF merupakan penggabungan dari dua forum yaitu INA – Europe Business Forum dan INA-Central and Eastern Europe Business Forum, yang tahun 2022 lalu dilakukan secara terpisah. Penyelenggaraan IEBF 2023 dilakukan back-to-back dengan INALAC ( Indonesia – Latin America and the Caribbean) Business Forum tanggal 16-17 Oktober 2023 dan mendukung partisipasi pebisnis Eropa pada TEI (Trade Expo Indonesia) pada 18-22 Oktober 2023. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>