RSUP dr. Ben Mboi Jadi RS Rujukan Terbesar di NTT, Warga Lokal Tak Perlu Berobat ke Wilayah Lain


AKTUALITAS.ID – RSUP dr. Ben Mboi Kupang menjadi salah satu rumah sakit terbesar di NTT yang belum lama ini diresmikan. Dengan adanya RS tersebut, masyarakat NTT tidak perlu lagi berobat ke luar provinsi.

Secara bertahap, RSUP Ben Mboi akan dijadikan RS rujukan terbesar untuk penyakit yang menyebabkan banyak kasus kematian, yakni kanker, jantung, stroke, dan ginjal.

Target Kemenkes adalah semua rumah sakit di 34 provinsi, termasuk RS Ben Mboi harus bisa melakukan bedah jantung terbuka, bedah otak terbuka, dan operasi ginjal.

RSUP dr. Ben Mboi harus bisa memastikan seluruh RS yang ada di kabupaten/kota di NTT bisa melakukan operasi jantung pasang ring jantung, kateterisasi untuk penanganan stroke, dan melakukan pasang CAPD, hemodialisa, dan operasi batu ginjal.

Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan dr. Andi Saguni mengatakan Rumah Sakit Ben Mboi ditujukan bukan untuk NTT saja tapi terbuka untuk Indonesia bagian Timur, bahkan Timor Leste.

“RSUP Ben Mboi ini merupakan RS Vertikal Kemenkes. Kami memprioritaskan untuk pelayanan kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi di wilayah timur. Secara bertahap alat kesehatan sedang kami penuhi juga,” ucap dr. Andi di RS Ben Mboi, Selasa (24/10).

RSUP dr. Ben Mboi Kupang resmi melayani pasien secara umum dan bekerja sama dengan BPJS sejak tanggal 1 Juni 2023, dengan menyiapkan sejumlah tenaga dokter spesialis yang terdiri dari spesialis Bedah, Penyakit Dalam, Anak, Kebidanan & Kandungan, Anestesi, Radiologi, Paru, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, THT, Mata, Gigi Prosthodontia, Urologi, Bedah Vaskuler, Bedah saraf (neurologi intervensi), dan Radiologi Onkologi.

Sejak tanggal 1 Oktober, rumah sakit juga mendapat tambahan dokter ahli jantung. Dengan demikian secara SDM dan sarana prasarana dapat melayani kasus-kasus KJSU.

Skema pemenuhan dokter dilakukan melalui beberapa mekanisme yaitu Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS), Recruitment melalui seleksi CASN/PPPK, Recruitment sebagai dokter tamu/visiting, kerja sama perbantuan institusi Pendidikan kedokteran (PPDS), dan kerja sama perbantuan/penugasan dokter dari RSV terdekat.

Sementara itu, alat kesehatan yang sudah dimiliki RSUP Ben Mboi adalah Digital X-ray, Mobile X-ray, Dental X-ray, Mammography, Fluoroscopy, CT Scan 128 Slice, MRI 1,5 Tesla, Ultrasonography, Echocardiography, ESWL, Endoscopy, Laparoscopy, Bronchoscopy, Endo Urologi, Laser Urologi, Hemodialisa, Cathlab Hybrid, dan Set Laboratorium. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>