Ciri-Ciri Diabetes Pada Pria, Anda Wajib Tahu!


Ilustrasi. Diabetes pada pria, (Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Diabetes adalah penyakit kronis yang berbahaya baik bagi pria maupun wanita. Beberapa ciri-ciri diabetes pada pria berbeda dengan wanita. 

Terutama pada pria, diabetes juga bisa berdampak pada masalah seksual. Karena itu, penting untuk mencegah diabetes muncul dan berkembang. Sebab, jika sudah terkena diabetes, dibutuhkan upaya ekstra untuk mengendalikannya.

Diabetes atau sering disebut sebagai kencing manis adalah sekelompok penyakit yang muncul ketika tubuh tak dapat memanfaatkan gula darah atau glukosa dengan tepat.

Para pria wajib mengetahui ciri-ciri diabetes agar dapat mendeteksi penyakit ini sejak dini untuk menerapkan langkah mencegahnya. Berikut ini ciri ciri diabetes pada pria.

1. Gejala Awal

Gejala awal dari penderita diabetes sering mengalami buang air kecil akibat infeksi saluran kemih, masalah ginjal, kelelahan, penglihatan kabur, penurunan berat badan tanpa diet, dan mati rasa pada tangan atau kaki.

2. Disfungsi ereksi

Dilansir dari Medical News Today, 75 persen pria penderita diabetes mengalami kesulitan mencapai ereksi. Disfungsi ereksi dapat dianggap sebagai gejala awal diabetes pada pria berusia 45 tahun atau lebih muda. Hal ini karena diabetes dapat merusak saraf yang mengontrol rangsangan seksual atau pembuluh darah, sehingga berdampak pada cara kerja penis.

3. Ejakulasi tertunda

Gejala diabetes pada pria ini tampak saat ejakulasi, sperma seharusnya keluar melalui saluran uretra pada ujung penis, tetapi pada penderita diabetes, sperma masuk ke dalam kandung kemih.

Hal ini disebabkan karena kerusakan saraf yang memengaruhi fungsi otot sfingter yang biasanya mencegah sperma memasuki kandung kemih. Meskipun ejakulasi tertunda tidak memengaruhi orgasme, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesuburan.

4. Sariawan genital berulang

Peningkatan gula darah dapat meningkatkan risiko infeksi jamur pada penis, yang dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, dan kemerahan pada ujung penis.

5. Berkurangnya massa otot

Pria dengan diabetes dapat mengalami penurunan massa otot, terutama jika tingkat testosteron pada pria tersebut rendah.

6. Masalah urologi

Masalah urologi dapat terjadi pada pria yang mengidap diabetes karena adanya kerusakan saraf. Gejala yang termasuk di antaranya adalah kandung kemih terlalu aktif, kesulitan mengendalikan buang air kecil, dan infeksi saluran kemih (ISK).

7. Luka yang sulit sembuh

Salah satu gejala awal diabetes, yaitu infeksi, gigitan hewan yang berbekas lama, memar, atau luka diabetes yang tidak kunjung sembuh. Hal ini disebabkan oleh fungsi sel darah putih yang berperan sebagai sistem kekebalan tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik, sehingga tubuh kurang mampu melawan bakteri dan menutup luka.

8. Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan sering kali menjadi gejala umum diabetes pada pria maupun wanita. Meskipun penurunan kemampuan penglihatan terkait usia adalah hal umum, tetapi orang dengan penderita kadar gula darah tinggi juga dapat mengalami penglihatan yang kabur, buram, atau keruh. Keluhan semacam ini yang terjadi pada usia muda, bisa menandakan komplikasi diabetes tipe 1.

Tingginya glukosa darah dapat merusak saraf dan menyebabkan pendarahan pada pembuluh mata. Hal ini menghambat pengiriman informasi dari retina ke otak. Seiring waktu, kerusakan saraf di sekitar mata dapat drastis menurunkan kemampuan penglihatan. Dalam kasus serius, komplikasi mata akibat diabetes bahkan dapat mengarah pada katarak, glaukoma, atau bahkan kebutaan. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>