Tanda HP Disadap Orang Lain, Ada Suara Aneh Saat Telepon 


Ilustrasi HP disadap (IST)

AKTUALITAS.ID – HP (handphone) adalah salah satu perangkat yang saat ini telah menjadi suatu kebutuhan.

Perangkat seluler satu ini telah menjadi alat komunikasi utama dan sangat membantu dalam segala aktivitas, baik untuk pekerjaan, pendidikan, dan lain-lain.

Selain sebagai sarana komunikasi, smartphone juga menjadi tempat untuk penyimpanan data pribadi dan pekerjaan. Hal ini memunculkan berbagai oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penyadapan.

Ancaman penyadapan HP bisa datang kapan saja. Sebagai pemilik smartphone, Anda perlu mengetahui tanda-tanda HP yang disadap untuk bisa melakukan langkah antisipasi.

Penyadapan biasanya dilakukan dengan sederet modus. Tujuannya untuk mencuri data penting yang disimpan pemilik di dalam smartphone-nya.

Ciri-ciri ponsel yang disadap dapat dikenali dengan sangat mudah. 

Berikut 7 tanda HP yang telah disadap orang:

1. Suara Aneh Saat Telepon

Jika saat menelepon dan Anda mendengar suara aneh atau dengung tinggi, bisa jadi ponsel Anda telah disadap. Suaranya bisa juga berupa bunyi bip, klik atau suara statis lain.

Anda bisa mengecek dengan sensor bandwidth suara pada frekuensi rendah. Jika ada beberapa kali suara yang muncul dalam satu menit bisa jadi HP telah disadap, namun jika tidak bisa jadi itu hanya suara biasa saja.

2. Baterai HP

Penyadapan HP bisa juga terlihat dari daya tahan baterai. Biasanya baterai akan terkuras dengan cepat atau menjadi panas.

Ini terjadi karena pelaku menanamkan software yang bisa berjalan di latar belakang HP dan akhirnya menguras baterai. Anda bisa mengecek informasi aktivitas apa yang membuat daya baterai tak lagi sehat seperti dulu, jika ada yang aneh bisa jadi HP telah disadap.

3. Proses Mematikan HP Bermasalah

Fungsi HP yang tidak bekerja dengan baik bisa jadi pertanda HP telah disadap. Misalnya sulit mematikan HP atau kurang responsif yang menjadi tanda terdapat software berbahaya tertanam di dalam ponsel.

4. Aktivitas Mencurigakan di HP

Terdapat beberapa aktivitas aneh yang bisa jadi tanda HP telah disadap. Misalnya muncul pesan teks yang aneh berisi huruf dan angka, iklan pop-up misterius, ikon aktivitas yang bergerak tiba-tiba, dan munculnya informasi pribadi secara online.

5. Perangkat Elektronik

Biasanya ponsel akan terganggu saat berada di dekat perangkat elektronik seperti laptop atau telepon. Namun ini harusnya tidak terjadi saat HP tidak sedang digunakan. Jadi waspadalah saat HP bermasalah di dekat perangkat elektronik meski tidak aktif. 

6. Tagihan HP

Tanda ini terjadi bagi Anda pengguna pascabayar. Jika ada tagihan tinggi secara tiba-tiba kemungkinan ponsel telah disadap. Ini terjadi karena aplikasi berbahaya maupun spyware dapat menggunakan paket data secara rahasia.

7. Aplikasi Pihak Ketiga

Berhati-hatilah jika mengunduh aplikasi bukan berasal dari toko aplikasi resmi seperti App Store atau Play Store. Pastikan pengembang aplikasi merupakan pihak yang sah dan terpercaya sebelum menginstalnya di dalam HP untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>