Relawan Jokowi Minta Kepala Bin Mundur, Jika Tidak Netral di Pilpres 2024


Kepala BIN Budi Gunawan (IST)

AKTUALITAS.ID – Koordinator Nasional Tim 8-Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP), Wignyo Prasetyo meminta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan untuk menyatakan netral di Pilpres 2024 mendatang.

Namun, Budi Gunawan diminta mundur sebagai Kepala BIN jika tidak bisa bersikap demikian.

Bukan tanpa alasan, Wignyo menyebut adanya wacana yang berkembang di masyarakat bahwa adanya keterlibatan Kepala BIN yang tidak netral dalam proses pemilu 2024.

“Kami melihat ada wacana yang berkembang di masyarakat bahwa Kepala BIN terlibat jauh di proses pemilu 2024,” ujarnya.

Pria yang pernah menjadi tahanan politik di masa orde baru itu menambahkan, dengan adanya wacana yang berkembang di masyarakat tersebut maka ia meminta kepada Kepala BIN Budi Gunawan untuk menyatakan dirinya netral di hadapan publik.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada Pak Budi Gunawan untuk menyatakan dirinya netral dihadapan publik melalui media massa bahwa memang benar beliau netral,” tegas loyalis Presiden Jokowi ini.

Jika tidak, katanya, maka Budi Gunawan harus mundur sebagai kepala BIN.

“Untuk lebih terjamin lagi kenetralannya sebaiknya beliau mundur dari jabatannya. Dan itu lebih kesatria,” tegasnya.

Isu netralitas aparat di Pemilu 2024 belakangan tengah mengemuka. Komisi I DPR beberapa waktu lalu sepakat membentuk Panja netralitas TNI yang dipimpin Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto.

Wacana serupa juga bergaung di Komisi III, Anggota Komisi III Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mengusulkan pembentukan Panja netralitas Polri. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>