5 Cara Mengetahui WhatsApp Web Dibajak atau Tidak, Jangan Panik!


Ilustrasi. WhatsApp Web

AKTUALITAS.ID – WhatsApp Web kini laku keras digunakan masyarakat luas, khususnya para pekerja yang lebih sering menggunakan perangkat berupa desktop seperti Personal Computer (PC) atau laptop.

Biasanya WhatsApp Web dihubungkan ke perangkat desktop untuk mempermudah penggunanya dalam berkomunikasi. Artinya, interaksi melalui pesan WhatsApp masih bisa berlangsung meski kamu sedang sibuk bekerja di desktop.

WhatsApp Web juga sengaja dihubungkan oleh sebagian sepasang kekasih untuk menghindari rasa curiga yang tinggi. 

Di sisi lain, WhatsApp Web dapat diakses karena memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi karena harus menggunakan QR barcode untuk mengaksesnya. 

Kendati, bukan berarti WhatsApp Web tidak bisa kena bajak atau hack. Karena itu, pengguna harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya, jangan sampai lamban.

Nah, berikut beberapa 8nformasi mengenai cara mengetahui WhatsApp Web dibajak atau tidak?

1. Menerima pesan OTP dari WhatsApp

Salah satu ciri yang paling bisa kamu ketahui ketika WhatsApp Web dibajak adalah, pengguna menerima One Time Password (OTP) secara tiba-tiba. 

Apabila kamu tidak merasa membutuhkan OTP atau bingung alasan WhatsApp mengirimkannya, maka jangan berikan OTP ke siapapun.

Hal itu berarti akun kamu sedang dikloning orang lain dengan tujuan membajaknya. Maka, kamu harus ingat tanda-tanda ini untuk mencegah upaya pembajakan.

2. Pesan otomatis terbaca

Selanjutnya, kamu dapat mengetahuinya melalu tanpa pesan sudah dibaca atau belum.  Sebagaimana yang diketahui, pesan terbaca ditandai oleh dua centang berwarna biru pada pesan.

Jadi, jika ikon centang dua biru itu terlihat di ruang pesan teman atau keluargamu padahal kamu belum membacanya, itu berarti ada orang lain yang diam-diam membajak WhatsApp Web.

So, sebainya kamu mengaktifkan pengaturan tanda dibaca untuk mengetahui ciri-ciri pembajakan tersebut. Jika tidak, maka tidak akan terlihat centang dua biru itu.

3. Keluar dari akun WhatsApp tanpa melakukannya sendiri

Pengguna WhatsApp Web juga patut curiga apabila akun WhatsApp tiba-tiba keluar tanpa kamu melakukannya sendiri. 

Hal ini terjadi lantaran ada orang lain yang mencoba mengakses akunmu dari perangkat lain. WhatsApp Web memang pada dasarnya hanya bisa tersambung olah satu perangkat saja.

Jadi, ketika akunmu keluar sendir, berarti ada pihak lain yang berhasil membajak WhatsApp kamu. Terlebih lagi, jika di WhatsApp tersebut ada pesan-pesan terkerim namun bukan kamu yang melakukannya.

4. Status online namun tidak aktif

Lalu, kamu bisa mengetahui ciri-ciri pembajakan WhatsWeb dari status. Apabila status ternyata online, padahal kamu sedang tidak menggunakannya maka tidak menutup kemungkinan bahwa akun milikmu terjadi sesuatu mencurigakan.

Cara ini bisa kamu ketahui melalui bantuan teman. Jika benar status online , padahal aplikasi sedang tidak digunakan maka akun WhatsApp kamu kemungkinan dibajak. 

So, kamu disarankan untuk mengaktifkan status pengguna untuk mempermudah cara mengetahui akun WhatsApp Web dibajak atau tidak.

5. Periksa daftar perangkat

Terakhir, pengguna WhatsApp Web dapat memeriksa daftar perangkat yang terhubung melalui fitur pengaturan. 

Jika terdapat akun tidak dikenal tercantum di sana, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akun WhatsApp Web kamu sudah dibajak.

Itulah beberapa informasi mengena cara mengetahui WhatsApp Web dibajak atau tidak yang dapat kamu simak. Semoga bermanfaat dan tetap waspada saat menggunakannya. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>