Tumbangkan Argentina, Mali Rebut Peringkat ke-3 Piala Dunia U-17


Pesepak bola Timnas Mali Sekou Kone (kanan) bersama rekannya Ibrahim Kanate berlari mengelilingi lapangan dengan membawa bendera usai berhasil mengalahkan Timnas Argentina pada pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/12/2023), malam. (ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Peringkat tiga Piala Dunia U-17 2023 direbut Timnas Mali U-17 seusai mengalahkan Timnas Argentina U-17.

Dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Manahan, Solo, Jumat (1/12/2023), Mali membantai Argentina dengan skor telak 3-0.

Timnas Mali U-17 sukses menang lewat gol yang dicetak Ibrahim Diarra pada menit ke-9, Mamadou Doumbia 45′, dan Hamidou Makalou 48′.

Hasil ini membuat Mali untuk pertama kalinya menjadi juara ketiga di Piala Dunia U-17 2023.

JALANNYA PERTANDINGAN

Babak pertama dibunyikan wasit Ming Fu yang memimpin pertandingan, tampak kedua tim langsung melancarkan serangan.

Baik Argentina maupun Mali sama-sama memiliki ambisi untuk menang. 

Namun, Timnas Mali U-17 tampak lebih menguasai bola, mereka lebih banyak melancarkan serangan yang tiada henti untuk membobol gawang Argentina. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Mali sejak menit pertama akhirnya membuahkan hasil saat tendangan Ibrahim Diarra yang dilesakkan dari luar kotak penalti berhasil membobol gawang Argentina pada menit ke-9. Skor pun berubah menjadi 1-0.

Menit-menit selanjutnya terus diwarnai jual beli serangan antara kedua tim. Si kulit bundar pun dengan cepat berpindah dan satu per satu peluang tercipta, tetapi sayangnya belum ada yang membuahkan hasil.

Pada menit ke-45 Mali menambah keunggulan saat Mamadou Doumbia berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang saat lagi-lagi Mali mendapatkan tendangan bebas dari wasit. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Memasuki babak kedua, Mali semakin mengintensifkan permainan terbukti pada menit ke-48 Hamidou Makalou berhasil menambah angka bagi timnya setelah melakukan aksi individu yang memukau.

Pemain bernomor punggung 3 tersebut berhasil melewati lima pemain Argentina, termasuk kiper di dalam kotak penalti. Dan dengan tenang menendang bola hingga menjebol gawang yang dikawal Jeremias Florentin. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Tiga menit berselang Mali kembali mendapat peluang setelah kiper Argentina terkecoh dengan bola yang digiring Hamidou Makalou, namun sayangnya bola masih bisa diselamatkan pemain belakang sebelum masuk ke dalam gawang.

Pada menit ke-52 Argentina mendapat peluang untuk mengejar ketertinggalan setelah mendapatkan tendangan bebas, namun sayangnya Claudio Echeverri yang ditunjuk menjadi algojo gagal mengeksekusi dengan baik. Bola yang ditendang pemain nomor punggung 10 tersebut masih bisa ditepis penjaga gawang Bourama Kone.

Pada menit ke-61 tendangan Claudio Echeverri berhasil menjebol gawang Mali, namun gol perdana Argentina tersebut tak disahkan wasit Ming Fu lantaran offside.

Pada menit ke-72, Mali sebenarnya mendapatkan peluang untuk menambah angka melalui tendangan bebas di depan kotak penalti. Namun sayangnya tendangan Hamidou Makalou masih membentur mistar gawang. Saat ia kembali menendang bola muntah kiper Jeremias Florentin dengan sigap menangkap bola.

Kedua tim pun masih intens membangun serangan untuk bisa mencetak gol, namun sayangnya tambahan waktu 3 menit yang diberikan wasit pun tetap tak bisa membuat pemain Argentina mencetak gol. Skor pun bertahan 3-0 hingga babak kedua berakhir.

Dengan kemenangan tersebut, Mali pun keluar sebagai juara ketiga Piala Dunia U-17 2023. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>