7 Hal Yang Bisa Dilakukan Setelah Makan Gorengan, Agar Kolesterol Tetap Terjaga


Ilustrasi. Makan gorengan (Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Gorengan menjadi salah satu makanan yang mudah ditemukan. Bahkan jenis makanan yang satu ini memiliki penggemar yang tinggi. 

Bahkan antusiasme tinggi selalu ditemukan ketika seseorang melihat atau menemukan gorengan. Variasi makanan yang beragam dan makanan yang mudah diolah menjadi gorengan membuat kita sulit untuk tidak konsumsi gorengan dalam keseharian. 

Padahal, konsumsi gorengan tidaklah baik bagi tubuh. Sering konsumsi gorengan bisa menyebabkan lemak jenuh di tubuh dan membahayakan kesehatan. 

Untuk mengurangi efek buruk setelah konsumsi gorengan, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan setelah mengonsumsi makanan berminyak, melansir NDTV Food.

1. Minum air hangat

Hidrasi adalah cara terbaik untuk pulih dari gejala salah makan. Namun, untuk kasus minyak berlebih, Anda direkomendasikan meminum air hangat.

Air hangat membantu mempercepat pencernaan dan memudahkan tubuh menangani makanan berat. Air hangat juga bisa menghilangkan rasa berminyak.

2. Minum teh hijau

Selain air hangat, minuman kaya flavonoid seperti teh hijau dapat menambahkan senyawa antioksidan. Senyawa ini akan membantu menyeimbangkan beban oksidatif pada sistem pencernaan yang terjadi karena makanan berminyak.

3. Makan yogurt

Nikmati segelas yogurt setelah mengonsumsi makanan berminyak. Makanan kaya probiotik seperti yogurt dapat membantu menenangkan pencernaan yang terlalu banyak bekerja.

Bakteri probiotik Lactobacillus juga akan mencegah gas dan mendukung pergerakan usus yang baik.

4. Makan gandum besok paginya

Biji-bijian memberikan efek positif dalam mengatasi kelebihan kolesterol. Asupan oat untuk sarapan dapat membantu memulihkan sebagian kerusakan.

5. Makan buah dan sayur besoknya

Buah dan sayuran menyediakan serat, vitamin, dan mineral. Ketiganya mampu membantu memulihkan pencernaan yang melambat karena terbebani.

Buah-buahan juga umumnya kaya kandungan air. Buah-buahan menyediakan cairan yang diperlukan agar tubuh tetap terhidrasi.

6. Jangan langsung tidur

Jangan langsung tidur setelah mengonsumsi makanan berminyak. Tunggu beberapa jam agar makanan dicerna terlebih dahulu.

Langsung tidur hanya akan memperlambat proses pencernaan. Hal ini hanya akan membuat semua makanan berminyak tetap berada di usus dan berfermentasi.

7. Jalan kaki 30-40 menit

Aktivitas fisik membantu merangsang metabolisme dan memperlancar pencernaan. Tak perlu cepat-cepat, jalan kaki santai selama 30-40 menit saja sudah cukup. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>