7 Minuman Herbal Untuk Atasi Batuk, Dibuat dengan Bahan Alami


Ilustrasi. Minuman Jahe

AKTUALITAS.ID – Saat cuaca tak menentu tubuh jadi rentan terserang batuk dan flu. 

Batuk dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bahkan mengganggu produktivitas jika dibiarkan. Salah satu cara untuk meringankannya yaitu meminum obat batuk alami atau resep dokter. 

Dalam banyak kasus, batuk terjadi sebagai gejala penyakit jangka pendek, seperti pilek, bronkitis, atau flu. Batuk kronis, di sisi lain, dapat disebabkan oleh asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau gangguan pencernaan seperti refluks asam.

Saat di rumah tidak ada obat batuk, kamu bisa membuatnya dengan berbagai bahan yang ada. Bahkan, efektivitasnya tidak kalah dengan berbagai obat dengan bahan kimia, serta lebih aman untuk dikonsumsi.

Berikut sejumlah minuman herbal ini dipercaya bisa meredakan batuk yang bisa Anda coba.

1. Jahe

Melansir WebMD, sejumlah penelitian menunjukkan senyawa murni tertentu di dalam jahe dapat mengendurkan otot-otot yang mengencangkan saluran udara Anda.

Anda bisa mengonsumsi jahe mentah, atau Anda bisa mencampurkan jahe bubuk dengan madu dan mengaduknya ke dalam teh panas.

2. Madu

Satu atau dua sendok teh madu disebut dapat mengurangi produksi lendir. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk membunuh kuman.

Namun perlu diingat, jangan pernah memberikan madu kepada bayi di bawah usia 1 tahun karena dapat menyebabkan keracunan yang disebut botulisme.

3. Sage

Mengutip Mind Body Green, sage secara historis telah digunakan untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan dan meredakan batuk, serta menawarkan sifat antibakteri.

Jika Anda merasa tidak enak badan, pertimbangkan untuk minum teh sage dengan menggabungkan dua sendok teh sage kering dengan delapan ons air. Seduh, lalu biarkan dingin. Minuman ini jadi minuman herbal untuk batuk.

4. Kunyit

Menukil Healthline, kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Ini bermanfaat untuk beberapa kondisi, termasuk batuk kering.

Kurkumin paling baik diserap ke dalam aliran darah bila dikonsumsi dengan lada hitam. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, misalnya jus jeruk dingin, untuk diminum. Anda juga bisa membuatnya menjadi teh hangat.

5. Peppermint

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mematikan rasa ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Hal ini dapat meredakan nyeri dan mengurangi keinginan untuk batuk.

Peppermint juga membantu mengurangi hidung tersumbat serta memiliki kualitas antibakteri dan antivirus.

6. Lemon

Lemon diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencukupi kebutuhan vitamin C untuk tubuh. Ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dipercaya lebih kuat dalam menangani infeksi di saluran pernapasan yang menyebabkan batuk.

Untuk meredakan batuk, Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh perasan lemon dan 1 sendok teh madu. Konsumsi obat herbal ini beberapa kali dalam sehari dan lakukan secara rutin hingga gejala batuk mereda.

7. Elderberry

Anda dapat mengonsumsi ekstrak elderberry sebagai suplemen dalam bentuk kapsul atau sirup. Ini mungkin tidak meredakan batuk Anda segera, tetapi penelitian menunjukkan itu bisa membuatnya hilang lebih cepat.

Demikian 7 minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk secara alami. Semoga membantu. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>