97 Ribu Kendaraan Bakal Melintasi Tol Cipali Pada Puncak Mudik Natal


Tol Cipali (Dok. IST)

AKTUALITAS.ID – Pada puncak arus mudik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jawa Barat, Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Astra Tol Cipali, memproyeksikan bahwa sekitar 97.177 kendaraan akan melintasi Tol Cipali.

“Saat puncak arus mudik pada 23 Desember 2023, terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga mencapai 97 ribu. Ini merupakan prediksi kami, dengan kenaikan delapan persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/12).

Sri menjelaskan bahwa berdasarkan perhitungan tersebut, sudah terlihat peningkatan signifikan dalam jumlah kendaraan dari luar daerah yang melintas di Jalan Tol Cipali, khususnya dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Selama musim libur ini, volume lalu lintas di ruas tol tersebut naik hingga 40 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Dalam proyeksi untuk arus balik, Astra Tol Cipali memperkirakan sekitar 101.002 kendaraan akan melintasi Tol Cipali pada 1 Januari 2024.

“Secara keseluruhan, arus lalu lintas selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan dengan kondisi normal,” ungkapnya.

Demi kelancaran lalu lintas selama periode tersebut, Sri menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan. Upaya antisipatif ditekankan untuk menghadapi peningkatan volume kendaraan, sementara pengawasan dan penanganan akan dimaksimalkan jika terjadi kejadian lalu lintas di Jalan Tol Cipali.

“Kami serius memperhatikan hal ini, baik pihak pengguna jalan maupun pihak berwenang. Dengan langkah-langkah antisipatif ini, diharapkan dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman dan nyaman,” ujarnya. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>