Hamas Sebut Israel Lakukan Serangan Udara di Kamp Pengungsi Al-Maghazi, 70 Orang Tewas


Warga Palestina melihat asap mengepul akibat serangan udara Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Jumat, 1 Desember 2023. (AP)

AKTUALITAS.ID – Hamas mengungkapkan Israel telah melakukan serangan udara ke kamp pengungsi Al-Maghazi di Gaza.

Mereka mengatakan serangan yang dilakukan Minggu (24/12/2023) kemarin, telah menewaskan setidaknya 70 orang Palestina.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf Al-Qudra yang dijalankan Hamas, mengatakan jumlah tersebut akan bertambah karena banyaknya keluarga yang tinggal di area itu.

Puluhan orang yang cedera langsung dilarikan ke Rumah Sakit Al-Aqsa yang ada di dekatnya.

Seorang ayah mengatakan dia telah kehilangan putri dan cucunya. Dia mengatakan keluarganya telah melarikan diri dari utara untuk mencari keselamatan di Gaza tengah.

“Mereka tinggal di lantai tiga salah satu gedung. Tembok runtuh menimpa mereka. Cucu-cucu saya, putri saya, suaminya, semuanya meninggal. Kami semua menjadi sasaran. Warga sipil menjadi sasaran. Tidak ada tempat yang aman. Mereka menyuruh kami meninggalkan kota Gaza. Sekarang kami datang ke Gaza tengah untuk mati,” ujarnya.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan serangan udara Israel yang intens telah menyebabkan penutupan jalan utama antara Maghazi dan dua kamp pengungsi lainnya, Al-Bureij dan Al-Nuseirat. Situasi ini menghambat pekerjaan ambulans dan tim penyelamat.

Dalam pernyataannya kepada BBC, militer Israel mengatakan mereka telah menerima aporan mengenai insiden di kamp Maghazi. 

Menurut kementerian kesehatan Palestina, lebih dari 20.000 orang telah terbunuh, kebanyakan anak-anak dan wanita serta 54.000 orang terluka di Gaza sejak 7 Oktober lalu. 

Sebelumnya pada Minggu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan perang tersebut menimbulkan harga yang sangat mahal bagi negaranya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>