6 Cara Menghemat Pengeluaran di Akhir Tahun 


Ilustrasi. Cara menghemat pengeluaran akhir tahun. (IST)

AKTUALITAS.ID – Menjelang akhir tahun, ada saja tekanan keuangan yang bisa membuat pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Mulai dari merencanakan liburan, persiapan Natal hingga kebutuhan tahun baru, biaya hidup yang harus dikeluarkan bisa jauh lebih tinggi dari hari biasa.

Demi menjaga stabilitas keuangan kita di masa mendatang, setidaknya beberapa cara dan strategi mengelola keuangan berikut dapat membuat kita lebih tenang menghadapi tekanan pengeluaran di akhir tahun.

Tidak perlu melakukan perubahan drastis dalam memangkas kebutuhan atau gaya hidup di momen akhir tahun.

Namun, salah satu strategi yang dapat kita lakukan adalah pemangkasan yang kemudian bisa menghemat tabungan kita.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi pengelolaan keuangan yang bijak. Berdasarkan informasi dari laman Good Housekeeping Senin (25/12/2023) berikut beberapa cara untuk menghemat uang selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

1. Buat rencana pengeluaran

Menetapkan anggaran sebelum memulai pengeluaran dapat membantu menjaga keseimbangan keuangan. Dengan mengetahui kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, Anda dapat membuat estimasi biaya yang dapat diantisipasi sejak awal. Ini membantu Anda memiliki gambaran yang jelas saat mengeluarkan uang.

2. Pantau pengeluaran

Setelah membuat anggaran, penting untuk memantau pengeluaran agar tetap sesuai dengan rencana. Catat pengeluaran Anda, baik itu melalui catatan manual, aplikasi di ponsel, atau menggunakan spreadsheet di laptop. Dengan cara ini, Anda dapat melihat sejauh mana pengeluaran Anda berada dalam batas yang telah ditetapkan.

3. Tekan biaya

Jika keluarga Anda melibatkan pertukaran hadiah atau acara dengan biaya tertentu, sebaiknya tekankan biaya tersebut sejak awal. Ini membantu Anda dalam menentukan hadiah yang sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Hindari pembelian terburu-buru

Kebiasaan membeli barang secara impulsif dapat membuat pengeluaran tidak terkontrol. Pertimbangkan kembali kebutuhan dan urgensi suatu barang sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan tergoda untuk membeli barang yang sebetulnya tidak begitu penting, terutama jika itu dilakukan secara terburu-buru.

5. Cari diskon

Mencari diskon dan penawaran khusus dapat menjadi langkah cerdas untuk menghemat pengeluaran. Berbelanja dengan harga diskon bisa membantu Anda mendapatkan barang dengan biaya lebih terjangkau. Manfaatkan keanggotaan atau program diskon untuk memaksimalkan potensi penghematan.

6. Gabung member

Keanggotaan pada suatu brand atau produk dapat memberikan keuntungan lebih. Selain potongan harga, sebagai anggota, Anda mungkin menjadi orang pertama yang mendapatkan informasi tentang diskon dan penawaran khusus. Manfaatkan program keanggotaan untuk mendapatkan keuntungan ekstra dalam merencanakan pengeluaran selama perayaan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat dapat merayakan libur akhir tahun tanpa harus merasa terbebani oleh pengeluaran yang tidak terkendali. Tetaplah bijak dalam mengelola keuangan dan nikmati momen perayaan dengan damai dan bahagia. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>