Penjelajah NASA Temukan Keberadaan Danau Purba di Mars

Permukaan Mars yang berhasil diambil oleh wahana eksplorasi . (NASA.gov)

AKTUALITAS.ID – Penjelajah NASA Perseverance mengonfirmasi keberadaan danau purba di Mars. Dalam riset yang diterbitkan di jurnal Science Advances pada Jumat (26/1), danau itu disebut Kawah Jerezo (Jerezo Crater).

Sejumlah data mengonfirmasi keberadaan danau purba di Mars. Pemindaian bawah permukaan diambil oleh penjelajah roda enam seukuran mobil melintasi dasar kawah ke hamparan jalinan mirip sedimen yang berdekatan.

Suara dari instrumen radar RIMFAX rover memungkinkan peneliti mengintip ke bawah tanah. Mereka mendapatkan gambaran penampang lapisan batuan sedalam 20 meter.

“[Penampang lapisan] hampir seperti melihat potongan jalan,” kata penulis utama studi David Paige, mengutip dari Reuters.

Lapisan-lapisan ini memberikan bukti nyata bahwa sedimen tanah yang terbawa air diendapkan di Kawah Jerezo dan delta-delta dari sungai mengalirinya. Mekanisme ini mirip dengan danau di Bumi.

Temuan pun memperkuat apa yang telah diperkirakan penelitian sebelumnya. Mars yang dingin, gersang, ‘mati’ dulunya mungkin hangat, basah dan bisa dihuni.

Data-data baik dari hasil pengamatan radar oleh robot penjelajah, citra orbital dan data lain membuat ilmuwan berteori bahwa sebagian Mars pernah tertutup air. Ada kemungkinan planet ini menampung kehidupan mikroba.

Diperkirakan sedimen Jerezo terbentuk sekitar 3 miliar tahun lalu.

Sebelumnya, para peneliti mengungkap batuan yang sifatnya vulkanik, bukan sedimen. Kedua riset tidak bertentangan. Batuan vulkanik menunjukkan tanda perubahan akibat paparan air.

Pembacaan radar pun menemukan tanda erosi sebelum dan sesudah pembentukan lapisan sedimen. Paige berkata ada batuan vulkanik di lokasi pendaratan.

“Berita sebenarnya di sini adalah bahwa sekarang kami telah berkendara ke delta dan sekarang kami melihat bukti adanya sedimen danau, yang merupakan salah satu alasan utama kami datang ke lokasi ini. Jadi itu adalah kisah yang membahagiakan dalam hal ini,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)