BMKG: Waspadai Hujan Lebat di 4 Kota Besar Hari ini


Ilustrasi. Hujan. (IST)

AKTUALITAS ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Kamis 1 Februari 2024. Prakirawan Kania Mustikawati meminta masyarakat waspada kemungkinan terjadinya hujan lebat di empat kota besar di Tanah Air.

“Potensi hujan lebat di Kota Bengkulu dan Bandar Lampung (Sumatera), Kota Bandung (Jawa), dan Kota Manado (Sulawesi),” ujar Kania dalam siaran Info BMKG di YouTube yang dikutip Kamis (1/2/2024).

Cuaca di Kota besar Pulau Sumatera lainnya, Kota Banda Aceh cerah berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang dan Padang. “Hujan sedang di Kota Jambi, serta hujan disertai petir di Kota Pangkalpinang dan Palembang,” kata Kania.

Di Pulau Jawa, cuaca Kota Jakarta berawan tebal, dan hujan sedang di Kota Serang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan diprediksi di Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Di Pulau Kalimantan, hujan ringan di Kota Tanjung Selor, Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Sedangkan hujan disertai petir di Kota Pontianak.

Di Sulawesi, hujan ringan di Kota Gorontalo, Mamuju dan Makassar, dan hujan sedang di Kota Palu, dan Kendari.

Di Kepulauan Maluku dan Papua, hujan ringan di Kota Ambon dan Jayapura, serta hujan sedang di Kota Ternate dan Manokwari.

“Suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar 18 hingga 34 derajat celsius, dengan kelembapan udara 60 hingga 100 persen,” jelasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>