Doa Jumat Pagi yang Bisa Diamalkan, untuk Menghapus Dosa 


Ilustrasi. Berdoa

AKTUALITAS.ID – Doa memiliki kekuatan luar biasa dalam agama Islam, dan salah satu momen penting untuk berdoa adalah pada pagi Jumat.

Doa Jumat pagi diyakini memiliki keistimewaan yang mampu menghapus dosa dan mendatangkan berkah bagi umat muslim.

Dalam surah Al-Jumu’ah ayat 9-10, Allah SWT menyatakan bahwa ketika adzan untuk salat Jumat berkumandang, umat Islam harus meninggalkan urusan dunia dan fokus pada ibadah untuk mencari rahmat Allah.

     يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ 

فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya:  ” Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Selain itu, jumat juga diyakini sebagai hari di mana doa-doa umat Islam dikabulkan.

Umat Islam, khususnya para laki-laki, diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat sebagai tanda ketaatan kepada Allah SWT.

Dengan menjalankan salat jumat, umat Islam berharap untuk mendapatkan berkah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa jumat pagi

Dari sahabat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: 

“Apabila kita merasa dosa kita begitu besar, bahkan sebanyak buih di lautan, berdoalah di hari Jumat.”Anas bin Malik mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca ‘Astagfirullahalladzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi’ sebanyak 3 kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya walaupun (dosa itu) sebanyak buih di lautan.” (HR. Ibnu Sinni)

Berikut adalah doa yang dapat menghapus dosa pada pagi Jumat, sebagaimana disarankan dalam hadis tersebut:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Atau bisa juga:

أَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ،أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَأَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbii laa ilaaha illaa Anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa Anta.

Artinya:”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu” “Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku, Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat” “Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari).

Itulah doa jumat pagi yang bisa Anda amalkan. Semoga bermanfaat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>