Personel Polres Ternate Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah di RSUD 


Ilustrasi. Donor darah. (ist)

AKTUALITAS.ID – Personel Satuan Samapta Polres Ternate menggelar aksi kemanusiaan sosial berupa donor darah secara mendadak di RSUD dr Chasan Boesoerie Kota Ternate, Maluku Utara untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang dirawat di RS itu.

“Tentunya, aksi kemanusiaan ini merespons permintaan mendesak dari warga Kota Ternate yang menjadi pasien di rumah sakit tersebut,” kata Kasi Humas Polres Ternate Iptu Wahyuddin di Ternate, Sabtu.

Dia menjelaskan keputusan ini diambil setelah menerima permintaan darurat dari warga yang membutuhkan transfusi darah di RSUD dr Chasan Boesoerie Ternate.

Berdasarkan koordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, stok darah yang dibutuhkan telah habis sehingga Kapolres Ternate  AKBP Niko Irawan kemudian memerintahkan kepada seluruh personel Sat Samapta yang memenuhi syarat untuk segera melakukan donor darah.

“Pemberian donor darah tersebut didasari rasa peduli personel Polres Ternate kepada masyarakat, semoga donor darah dari anggota ini bisa membantu pasien dan semoga yang bersangkutan segera pulih agar dapat beraktivitas Kembali,” ujarnya.

Dia mengatakan aksi sosial ini mencerminkan kepedulian dan keterlibatan aktif Polres Ternate dalam membantu masyarakat yang membutuhkan serta memberikan contoh positif tentang pentingnya solidaritas dalam komunitas.

Kepala Unit Donor Darah PMI Provinsi Maluku Utara dr Rosita Alkatiri mengatakan pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan stok darah untuk digunakan para pasien yang menjalani perawatan di RSU Ternate dan berbagai daerah lainnya di Malut.

Berdasarkan data per 24 Februari 2024, stok darah untuk golongan A 32 kantong, B (16), AB (7), dan O (44).

Ia mengakui hingga saat ini, stok darah masih tersimpan, sedangkan kalau tidak terpakai harus dimusnahkan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>