Sambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah 


Ilustrasi. Berdoa (Foto: istock)

AKTUALITAS.ID – Bulan Ramadhan menjadi suatu momentum bagi umat muslim dalam membersihkan diri dari dosa dengan meningkatkan ibadah. Maka tak heran, jika bulan ini menjadi bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya.

Untuk itu, kebanyakan umat muslim juga menyiapkan segala hal untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan seperti menyiapkan mental, kesehatan fisik, hingga spiritual agar dapat beribadah dengan baik di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan oleh seluruh umat muslim adalah dengan banyak berdoa. Terdapat sebuah doa di bulan Sya’ban yang dianjurkan untuk dibaca, doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar dipanjangkan umur hingga bulan Ramadhan.

Adapun doa tersebut berbunyi sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhânâ

Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadhan.”

Dilansir dari NU Online, doa ini dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang tertera dalam hadis berikut:

كان إذا دخل رجب قال اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Artinya: “Jika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Sya‘ban. Sampaikan kami ke Bulan Ramadhan.’”

Sejalan dengan hal ini, Syekh Ibnu Rajab telah menyimpulkan bahwa riwayat di atas menjadi suatu anjuran untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan umur yang panjang. Panjang umur disini diniatkan untuk menambah kebaikan dan beramal shaleh di masa yang akan datang.

Demikian doa yang dapat dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan umur panjang hingga bulan Ramadhan. Selain doa tersebut, doa lain yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي وَسَلِّمْهُ لِي مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimni li Ramadana wa sallim Ramadanali wa sallimhu li mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah, persiapkan aku untuk menyambut Ramadhan, persiapkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadan dariku.” (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>