Pj Gubernur Sebut Sulsel Miliki Peluang Jadi Pemasok Utama Pangan di IKN


Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. (ist)

AKTUALITAS.ID – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengatakan, Sulsel memiliki peluang menjadi pemasok utama kebutuhan pangan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Makassar selama ini menjadi pintu gerbang dan pusat perdagangan di kawasan timur Indonesia, juga akan menjadi penopang IKN baru sebagai pemasok bahan pangan yang bersumber dari Sulsel,” kata Bahtiar di Makassar, Rabu (28/2/20240.

Bahtiar menyebut Sulsel secara geografis dekat dengan Kalimantan Timur melalui jalur laut sehingga memiliki peluang untuk memasok bahan pangan dari Kota Makassar.

Apalagi selama ini, Sulsel sudah dikenal sebagai pemasok bahan pangan seperti beras, sayur-mayur, buah-buahan dan komoditas pangan lainnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang pedagang antarpulau, Jamaluddin, yang selama ini memasok bahan pangan melalui Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar.

Ia sudah lebih dari 10 tahun memasok bumbu bahan makanan seperti jahe, kunyit, serei dan sebagainya, ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Jamaluddin juga menjadi pemasok aneka tepung beras, baik jenis beras ketan atau beras biasa yang dikonsumsi sehari-hari.

“Jadi selain mengirim rempah-rempah dari Sulawesi Selatan juga mengirim tepung beras untuk memenuhi permintaan dari Kaltim dan Kalsel. Rata-rata pengiriman melalui laut dilakukan setiap pekan,” katanya. (YAN KUSUMA/YAN KUSUMA)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>