Airlangga Ungkap Belum Bahas Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran 


Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut kedatangan Calon Presiden RI Prabowo Subianto pada Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 Hijriah di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (29/3/2024). (ist )

AKTUALITAS ID – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengungkapkan bahwa pembahasan mengenai kursi menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran belum dilakukan. Hal ini disebabkan oleh masih menunggu kepastian mengenai kursi DPR RI dari Partai Golkar.

“Kami belum membahas kursi-kursi menteri karena masih menunggu juga kursi DPR,'” kata Airlangga saat konferensi pers usai Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 Hijriah di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat.

Airlangga memperkirakan bahwa Partai Golkar akan mendapatkan sekitar 102 kursi di parlemen, namun kepastian ini masih menunggu hasil gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi.

Selain itu, Airlangga juga menyebut bahwa pembicaraan yang lebih spesifik mengenai nomenklatur kementerian untuk kabinet mendatang akan dilakukan antara Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju.

“Tentu nanti akan ada pembicaraan (nomenklatur). Namun, belum … belum ada secara spesifik,” tambahnya.

Dalam konteks dukungan Partai Golkar terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran, Airlangga menegaskan bahwa partainya akan memberikan dukungan penuh terhadap kebijakan pemerintahan yang akan datang

“Kami mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” tegasnya.

Ditanya mengenai kontribusi Partai Golkar dalam kemenangan Prabowo, Airlangga menyebut bahwa partainya seharusnya mendapat porsi lebih besar di kabinet mendatang.

“Kami sebut lima posisi menteri itu minimal. Akan tetapi, kalau dihitung proporsi 25 persen, room (ruang) masih banyak,” jelas Airlangga.

Pernyataan Airlangga ini datang setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2024 dengan total raihan 96.214.691 suara. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>