Papua Barat Alokasikan Dana Hibah Rp40 Miliar untuk Pengamanan Pilkada 2024


Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat Muhammad Thamrin Payapo saat memberikan keterangan pers di Manokwari. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalokasikan dana hibah sebesar Rp40 miliar untuk memastikan pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2024. Dana tersebut akan didistribusikan antara Kepolisian Daerah Papua Barat dan Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari, dengan alokasi Rp25 miliar untuk Polda dan Rp15 miliar untuk Kodam Kasuari.

L”Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah dilakukan dengan Kodam XVIII/Kasuari, dan penandatanganan serupa akan dilanjutkan dengan Polda Papua Barat untuk pengamanan pilkada serentak pada tujuh kabupaten,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Papua Barat, Muhammad Thamrin Payapo di Manokwari, Sabtu.

Menurut Thamrin, “Tensi politik dalam pelaksanaan pilkada perlu diantisipasi sedini mungkin oleh aparat TNI dan Polri untuk menjaga stabilitas keamanan di Papua Barat.” Langkah-langkah antisipasi mencakup pemetaan potensi gangguan kamtibmas dan edukasi pilkada damai bagi seluruh komponen masyarakat dengan melibatkan tokoh adat, agama, dan pemuda.

“Pengamanan akan dilakukan seiring dimulainya tahapan Pilkada 2024, terutama saat kampanye, distribusi logistik, dan pemungutan suara,” tambahnya.

Langkah ini mendapat dukungan positif dari berbagai pihak, termasuk Bawaslu Papua Barat. Thamrin menyatakan, “Jumat kemarin kami juga sudah tanda tangan pencairan hibah pengawasan pilkada untuk Bawaslu Papua Barat.”

Dengan adanya upaya kolaboratif antara berbagai pihak dan keterlibatan tokoh masyarakat, diharapkan Pilkada 2024 di Papua Barat dapat berlangsung secara aman dan berkualitas, menghasilkan kepala daerah yang mampu memimpin dengan baik untuk lima tahun mendatang. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>