Pemerintah Resmi Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 2024 Jatuh pada Hari Rabu Besok


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 Masehi akan jatuh pada hari Rabu, tanggal 10 April 2024. (Tangkapan layar Tv)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 Masehi akan jatuh pada hari Rabu, tanggal 10 April. Keputusan ini diambil setelah sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa.

Menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat, “Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi.”

Dengan penetapan ini, dipastikan bahwa Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, bersama dengan keputusan pemerintah, merayakan Idul Fitri pada hari yang sama.

Sidang isbat ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, BMKG, BRIN, ahli astronomi, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan lainnya. Sidang berlangsung dari pukul 17.00 WIB hingga ditutup dengan penetapan 1 Syawal/Idul Fitri pada pukul 19.00 WIB.

Kementerian Agama juga telah melakukan pemantauan atau rukyatul hilal di 127 titik di Indonesia. Laporan dari perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah pengadilan agama kabupaten/kota setempat, dari provinsi Aceh hingga Papua, juga didengarkan dalam sidang tersebut.

Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Cecep Nurwendaya, menjelaskan bahwa “Ijtimak sudah terjadi pada tadi dini hari tadi (9/4) pukul 01.20.47 WIB, bahkan yang menarik, ijtimak sudah terjadi pada Senin (8/4) pukul 18.20.47 waktu dunia atau Universal Time (UT).”

Penetapan ini memberikan kejelasan bagi umat Islam di Indonesia dalam merayakan hari yang sakral, sesuai dengan tuntunan agama dan tradisi yang ada. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>