Pengertian dari 6 Rukun Iman, Umat Muslim Wajib Hafal


Ilustrasi. Rukun Iman ada 6, Umar muslim wajib hafal. (iStockphoto)

AKTUALITAS.ID – Sebagai orang Islam kita wajib mengetahui sekaligus mengimani enam rukun iman. Siapapun yang tidak mengetahuinya maka dinilai sebagai muslim yang berdosa.

Dalil kewajiban mengetahui dan mengimani enam rukun iman salah satunya disebut dalam QS. Al-Baqarah Ayat 285, sebagai berikut:

اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖ‌ ۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَا‌ ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ

Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu’minuun; kullun aamana billaahi wa Malaaa’ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami’naa wa ata’naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir

Artinya: “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Adapun pengertian dari enam rukun iman yang wajib dihafal setiap muslim adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Iman kepada Allah

Iman kepada Allah ialah dengan meyakini dan bersaksi tiada Tuhan selain Allah. Salah satu bentuk keimanan seorang muslim kepada Allah ialah dengan beribadah kepada-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya.

2. Iman kepada malaikat Allah

Malaikat merupakan salah satu mahluk Allah yang dikenal sangat taat. Salah satu kewajiban seorang muslim ialah dengan mengimani keberadaan malaikat yang diciptakan oleh Allah dengan berbagai tugas yang dibebankan kepadanya.

3. Iman kepada kitab Allah

Iman kepada kitab Allah ialah dengan meyakini kebenaran kitab-kitab yang diturunkan Allah. Setidaknya ada empat kitab yang diturunkan Allah, yakni kitab Taurat kepada Nabi Musa, kitab Zabur kepada Nabi Daud, kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa, dan kitab Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

4. Iman kepada nabi dan rasul

Ada manusia pilihan di muka bumi yang diberkahi Allah dengan keistimewaan tersendiri. Mereka menyandang gelar nabi dan rasul. Setidaknya ada 25 nabi yang populer di kalangan umat Islam, dan 10 rasul yang diberi tugas risalah.

5. Iman kepada hari akhir

Hari akhir merupakan janji Allah yang termaktub dalam Al-Qur’an. Meski peristiwa hari akhir tercantum dalam kitab suci, namun tidak sedikit orang yang mengingkari kebenarannya. Sebagai seorang muslim, meyakini kebenaran hari akhir merupakan kewajiban yang harus diamalkan.

6. Iman kepada takdir

Di kalangan umat Islam, dikenal takdir qadha dan qadar. Sebagian ulama menafsirkan qadha sebagai segala ketetapan Allah yang sudah ditetapkan sebelum manusia lahir. Sedangkan qadar ditafsirkan sebagai takdir Allah yang mengatur segala peristiwa yang akan terjadi, sedang terjadi, dan telah terjadi.

Demikian penjelasan tentang makna rukun iman yang ada enam. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan keimanan kita semakin kuat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>