Pemkot Jambi Berhasil Kendalikan Harga Bawang Merah dengan Langkah Antisipatif


Komoditas bawang merah. (Diskominfo Kota Jambi)

AKTUALITAS.ID – Dalam upaya untuk mengendalikan kenaikan harga bawang merah yang tengah meresahkan masyarakat, Pemerintah Kota Jambi telah mengambil langkah konkret dengan mendatangkan dua ton bawang merah dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan respons atas tren kenaikan harga yang terjadi di pasaran.

“Saat ini, kita telah mendatangkan dua ton bawang merah dari Kabupaten Brebes sebagai langkah intervensi pengendalian harga selama sepekan ke depan,” ungkap Sri Purwaningsih, Sabtu.

Ditegaskan oleh Sri, langkah ini adalah implementasi nyata dari komitmen Pemerintah Kota Jambi untuk memastikan harga kebutuhan pokok tetap terjangkau dan pasokan yang cukup tersedia bagi masyarakat. 

“Kami sadar bahwa tidak hanya di Kota Jambi, namun secara nasional terjadi kenaikan harga untuk bawang merah,” tambahnya.

Selain mendatangkan bawang merah, Pemerintah Kota Jambi juga akan menggelar operasi pasar selama seminggu ke depan di beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Talang Banjar. Dalam operasi pasar tersebut, barang-barang kebutuhan pokok seperti bawang merah, cabai merah, beras, gula, dan minyak akan disediakan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Sri Purwaningsih juga mengajak masyarakat untuk berbelanja dengan bijak, yaitu dengan membeli secukupnya untuk memenuhi kebutuhan, demi menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan. 

Ia berharap langkah konkret yang diambil oleh Pemerintah Kota Jambi ini akan memberikan dampak positif dalam upaya pengendalian inflasi, terutama dalam menjaga ketersediaan pasokan dan pengendalian harga komoditas yang sedang bergejolak saat ini.

Pembelian bawang merah dari Kabupaten Brebes juga merupakan implementasi dari kerja sama antardaerah (KAD) yang telah terjalin sejak tahun lalu, menunjukkan sinergi antar daerah dalam menghadapi tantangan bersama. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>