Gunung Ibu Lontarkan Abu Vulkanik 1.500 Meter, PVMBG Beri Peringatan Waspada


Kolom abu vulkanik saat membumbung keluar dari kawah Gunung Ibu di Maluku Utara, Rabu (8/5/2024). (PVMBG.)

AKTUALITAS.ID – Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali mengguncang dengan erupsi hebatnya, memuntahkan lontaran abu vulkanik setinggi sekitar 1.500 meter. 

Laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengindikasikan bahwa erupsi terjadi pada pukul 11.11 WIT, menyebabkan pemadaman listrik sesaat di sekitar wilayah tersebut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut,” kata petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe dari laporan yang diterima, Rabu. 

Gunung Ibu, dengan ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Pulau Halmahera. Puncaknya merupakan kawah vulkanik dengan lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sementara bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Meskipun Gunung Ibu memiliki status level II atau waspada, aktivitas vulkaniknya tetap terbilang aktif. PVMBG mengimbau penduduk untuk tidak beraktivitas di dalam radius dua kilometer dari kawah aktif dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara.

Roeroe menambahkan, “Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).” 

Dengan peringatan ini, diharapkan warga setempat dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan mereka dalam menghadapi potensi bahaya dari erupsi Gunung Ibu. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>