Connect with us

Ragam

9 Obat Alami untuk Redakan Batuk dan Flu

Published

on

Ilustrasi. Jahe (Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Batuk dan flu adalah penyakit umum yang sering menyerang, terutama saat perubahan cuaca atau ketika daya tahan tubuh menurun. Meski ada berbagai obat medis yang bisa membantu mengatasi kedua penyakit ini, tak ada salahnya mencoba pengobatan alami. Berikut adalah sembilan obat batuk dan flu alami yang dikutip dari Healthline, Jumat (18/10/2024), yang bisa Anda coba di rumah:

1. Jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu melawan berbagai penyakit. Mengandung vitamin C, mineral, oleoresin, antioksidan, serta zat antimikroba, jahe dapat memperkuat sistem imun. Untuk meredakan batuk dan flu, jahe bisa direbus menjadi minuman hangat yang juga mampu meredakan nyeri otot dan mengurangi mual.

2. Madu

Selain rasanya yang manis, madu memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba yang sangat bermanfaat. Dengan mencampurkan madu ke dalam air hangat dan menambahkan perasan jeruk nipis, Anda bisa membuat ramuan alami yang efektif meredakan batuk dan flu.

3. Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara sederhana namun efektif untuk menetralkan saluran pernapasan yang terinfeksi. Larutkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur guna meredakan batuk dan flu yang berkepanjangan.

4. Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotik, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Probiotik ini berfungsi melawan infeksi saluran pernapasan, sehingga sangat berguna saat Anda mengalami batuk atau flu.

5. Bawang Putih

Kandungan allicin dalam bawang putih menjadikannya senjata ampuh melawan virus dan bakteri. Mengonsumsi bawang putih mentah atau yang sudah direbus dengan gula batu dapat membantu mengurangi gejala batuk dan flu.

6. Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai suplemen penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah jeruk dan jambu biji adalah sumber vitamin C alami yang sangat baik untuk memperkuat imunitas dan melawan infeksi.

7. Minyak Esensial

Minyak kayu putih, salah satu minyak esensial yang populer, dapat digunakan untuk melegakan saluran pernapasan. Anda bisa menghirup aromanya atau mengoleskannya ke tubuh untuk mendapatkan efek hangat dan nyaman.

8. Daun Min

Daun min mengandung antimikroba, antioksidan, dan zat antiradang yang efektif untuk melawan infeksi saluran pernapasan. Daun ini bisa dikonsumsi dalam bentuk teh, minyak esensial, atau digunakan sebagai campuran uap untuk dihirup.

9. Serai

Serai kaya akan zat antiradang yang dapat meredakan peradangan di saluran pernapasan. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, serai juga bisa direbus dan diminum untuk membantu meredakan batuk dan flu.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini, Anda bisa mendapatkan perawatan batuk dan flu yang efektif sekaligus aman. Terlebih, sebagian besar bahan-bahan ini mudah ditemukan di sekitar kita. Jadi, tak ada salahnya mencoba metode tradisional untuk menjaga kesehatan Anda di tengah perubahan cuaca. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending