Connect with us

Berita

Pj Wali Kota Jambi Ajak Warga Manfaatkan Momen Idul Adha untuk Perkuat Kolaborasi dan Sinergi

Published

on

AKTUALITAS.ID – Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum Idul Adha sebagai ajang memperkuat kolaborasi dan sinergi demi mewujudkan Jambi sebagai kota yang sejahtera dan diberkahi. Ajakan ini disampaikan dalam sambutannya sebelum pelaksanaan Sholat Id di Lapangan Balaikota Jambi.

“Pada kesempatan ini, mari menjadikan momen hari raya kurban senantiasa memperkuat kolaborasi dan sinergi untuk mewujudkan Kota Jambi menjadi negeri baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” kata Sri Purwaningsih, di Jambi, Senin.

Sri juga menekankan pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. Dengan persatuan yang kuat, ia optimistis bahwa pembangunan Kota Jambi dapat terus berkelanjutan. “Hikmah dari ibadah kurban ini adalah didasarkan atas keikhlasan memberikan atau melepaskan sesuatu yang dimiliki sebagai wujud ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota menjelaskan bahwa hakikat dari segala yang dimiliki, termasuk harta, pangkat, derajat, keluarga, kerabat, bahkan diri sendiri, adalah titipan dari Allah yang harus rela dilepaskan ketika diminta.

“Ibadah kurban memiliki nilai ketakwaan mendalam. Peristiwa Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan anaknya, Nabi Ismail AS, untuk menaati perintah Allah, hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa ibadah kurban merupakan ujian untuk keimanan dan ketakwaan,” jelas Sri.

Dalam kesempatan yang sama, Sri juga mengajak seluruh warga untuk mendoakan saudara-saudara mereka yang tengah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah. “Semoga warga Kota Jambi yang tengah menunaikan ibadah haji diberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur,” harapnya. Tahun ini, sebanyak 789 calon haji asal Kota Jambi telah diberangkatkan ke Tanah Suci dalam tiga kloter.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Balaikota Jambi berlangsung khidmat, diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat sekitar Kantor Wali Kota. Bertindak sebagai imam dalam sholat ini adalah Andri, sedangkan khatib adalah Muhammed Yusuf Abdullah.

Setelah sholat, kegiatan di Balaikota dilanjutkan dengan penyembelihan 196 ekor hewan kurban yang merupakan sumbangan dari pegawai Pemkot Jambi, Perumda Tirta Mayang, dan Bank Jambi. Hewan kurban ini kemudian akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai wilayah Kota Jambi. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending