Connect with us

Berita

Korban Tewas di Gaza Capai 37.551, Israel Dikecam Internasional

Published

on

AKTUALITAS.ID – Kementerian Kesehatan di Gaza melaporkan bahwa jumlah korban tewas akibat serangan Israel telah mencapai sedikitnya 37.551 orang. Pernyataan ini disampaikan setelah serangan terbaru menewaskan 101 warga Palestina di Jalur Gaza dalam 24 jam terakhir. Selain itu, 85.911 orang lainnya dilaporkan terluka sejak konflik dimulai akhir Oktober lalu, dengan sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.

“Serangan Israel menewaskan 101 orang dan melukai 169 lainnya dalam 24 jam terakhir saja,” kata pernyataan dari Kementerian Kesehatan Gaza. Jumlah korban terus meningkat, dan banyak warga yang masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang hancur akibat serangan.

Situasi semakin parah karena tim penyelamat kesulitan menjangkau korban di lokasi serangan akibat blokade yang menghambat akses ke daerah terdampak. Blokade yang diberlakukan Israel juga mengakibatkan krisis kemanusiaan, dengan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan wilayah tersebut.

Serangan Israel mendapat kecaman internasional, terutama setelah diabaikannya resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera. Israel terus melanjutkan operasi militernya, menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional. Dalam keputusan terbarunya, Mahkamah Internasional memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasinya di Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan sebelum diserbu pada 6 Mei lalu.

Konflik ini berawal dari serangan Hamas pada 7 Oktober, yang memicu respons militer dari Israel. Lebih dari delapan bulan setelah perang dimulai, sebagian besar wilayah Gaza telah hancur, menyisakan krisis kemanusiaan yang mendalam bagi penduduknya.

Situasi di Gaza terus memprihatinkan, dan seruan internasional untuk gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan semakin mendesak di tengah penderitaan yang dialami warga Palestina. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending