Connect with us

Nasional

TNI Kerahkan Lebih dari 1.000 Alutsista untuk Parade Akbar di Monas

Published

on

Empat helikopter EC 120 B Colibri TNI AU membentuk formasi terbang pada peringatan HUT ke-78 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Dok: ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Dalam rangka peringatan HUT Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan digelar pada 5 Oktober 2024, Markas Besar TNI mempersiapkan lebih dari 1.000 alat utama sistem senjata (alutsista) dari tiga matra untuk berparade di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Perayaan ini akan menjadi momen bersejarah yang menghadirkan parade militer terbesar sepanjang tahun.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto menyampaikan bahwa hingga Rabu (2/10), seluruh prajurit TNI dan alutsista yang akan berpartisipasi sedang menjalani rangkaian geladi kotor di Monas. “Tahap geladi kotor ini menggabungkan semua elemen parade yang sebelumnya telah berlatih secara parsial, termasuk upacara, demonstrasi, serta defile pasukan dan alutsista,” jelasnya. Geladi bersih dijadwalkan pada Kamis (3/10/2024) sebagai persiapan akhir sebelum acara puncak.

Dalam acara puncak, lebih dari 100.000 prajurit TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara akan terlibat dalam parade dan demonstrasi kekuatan militer, termasuk pengawakan alutsista. Parade alutsista akan menampilkan 1.059 unit dari ketiga matra, yang meliputi berbagai jenis kendaraan taktis, kendaraan tempur, tank amfibi, truk pengangkut pasukan, hingga sistem peluncur senjata.

Dari Angkatan Darat, alutsista yang disiapkan termasuk kendaraan taktis Maung, Bushmaster, Anoa, dan kendaraan tempur seperti Leopard dan Harimau. Angkatan Laut akan menampilkan tank amfibi BTR 4, BMP 3F, hingga rudal jarak jauh antikapal Yakhont dan Exocet MM40. Sementara itu, Angkatan Udara menyiapkan pesawat tempur, helikopter, serta radar dan perangkat anti-drone canggih.

Acara ini juga akan diisi dengan berbagai demonstrasi spektakuler, seperti bela diri, terjun payung, demonstrasi pasukan berkuda, hingga pertunjukan aerobatik dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan Rajawali Flight TNI AL. Setelah parade dan demonstrasi militer, acara akan ditutup dengan panggung rakyat yang menampilkan sejumlah musisi populer seperti Slank, Dewa, Ari Lasso, dan NDX.

Perayaan HUT TNI tahun ini diharapkan tidak hanya menunjukkan kekuatan dan kesiapan TNI dalam menjaga kedaulatan negara, tetapi juga menjadi hiburan bagi masyarakat yang turut merasakan semangat kebangsaan. (KAISAR/RAFI)

Continue Reading

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending