Gubernur DKI Jakarta Akan Genjot Program Naturalisasi Sungai


Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal mengenjot pembangunan program kanal naturalisasi sungai dan waduk yang akan diupayakan sampai akhir 2019 mendatang.

Pada program naturalisasi sungai tersebut, Anies telah membuat road map koridor Kali Ciliwung sampai dengan pintu air Istiqlal.

“Kami akan kejar mengenai program naturalisasi sungai dan waduk. Ada lima wilayah yang sedang dalam proses, mudah-mudahan akhir tahun ini selesai. Salah satunya adalah di koridor Kali Ciliwung, sampai dengan pintu air Istiqlal. Begitu kemudian juga di Kanal Banjir Barat. Juga ada percontohan dari proses ini,” kata Anies Rasyid Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, (29/4/2019).

Kepada wartawan Anies menjelaskan bahwa proyek sodetan Kali Ciliwung juga masih terus berjalan. Menurut Anies, pihaknya masih berkomunikasi dengan warga terkait pembebasan lahan.

“Ya kemarin saya baru bicara dengan Pak Kepala BPN juga. Jadi nanti akan dilakukan komunikasi lebih jauh dengan masyarakat. Kemudian proses pembebasan lahan juga masih jalan karena kan tidak sederhana. Aspek legalitas tanah warga menjadi salah satu penyebabnya,” ujar Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan pada Kabinet Ayo Kerja Jilid I tersebut menerangkan bahwa pemerintah provinsi juga masih menjalani sejumlah proses kepemilikan yang harus dituntaskan.

“Soal pembebasan juga masih berjalan. Kita bicara dengan warga lagi soal itu. Nanti abis itu baru bicara pengukuran,” ucap Anies.

Seperti diketahui, naturalisasi sungai dicanangkan Anies pada awal tahun lalu. Program ini, disebutnya, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya. [Jose Tarigan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>