Alami Kemajuan Dalam Berdemokrasi, PDIP Yakin Pemerintah Jokowi Makin Solid


Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. AKTUALITAS.ID/KIKI BUDI HARTAWAN.

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto melihat ada peningkatan kualitas demokrasi Indonesia yang tampak dari hasil pemilu serentak.

Peningkatan kualitas itu, papar Hasto, berwujud optimisme hadirnya pemerintah yang makin solid, efektif dengan koalisi yang dibangun matang jauh sebelum tahapan pemilu berlangsung.

“Pemerintahan kedua Pak Jokowi tidak hanya makin efektif dan solid, konfigurasi politik pun semakin matang di mana legitimasi yang diberikan rakyat ke Jokowi-KH Ma’ruf Amin senafas dengan kuatnya dukungan di DPR,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Senin (29/4/2019).

Terkait dukungan di DPR, Lebih lanjut Hasto memaparkan berdasarkan simulasi quick count yang pihaknya lakukan di setiap dapil DPR RI, Koalisi Indonesia Kerja (KIK) mendapat 60.7 persen kursi di parlemen, yang artinya akan makin memperkuat pemerintahan Jokowi di periode berikutnya.

“Simulasi berdasarkan quick count yang kami lakukan di setiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60,7 persen. Suatu dukungan yang akan memerkuat sistem presidensial,” tandasnya. [ Jose Tarigan/Donny].

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>