Diterjang 1.586 Bencana sejak Januari, BNPB Ungkap Kondisi di Lapangan


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho./Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan hinnga pertengahan tahun 2019 ini jumlah bencana alam yang terjadi di Indonesia sebanyak 1.586.

“Sejak awal Januari hingga per 30 April ini, Indonesia telah mengalami bencana alam sebanyak 1.586 bencana,” kata Sutopo dalam keterang pers yang diterima Aktualitas.id , Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Sutopo menambahkan, berbagai bencana yang telah terjadi tersebut mengakibatkan banyaknya korban.

“Berbagai bencana yang telah terjadi di Indonesia sepanjang Januari hingga 30 April ini telah memakan korban 325 meninggal dunia, 113 orang hilang, 1.439 orang luka-luka,” ujarnya.

Selain memakan korban jiwa, bencana yang telah terjadi di Indonesia telah mengganggu perekonomian masyarakat terdampak bencana dan terputusnya roda perekonomian masyarakat.

Hal tersebut, ia menjelaskan terjadi karena masyarakat tersebut harus mengungsi dengan waktu yang tidak ditentukan.

Selain itu, kerugian yang dihasilkan dari bencana alam tidaklah sedikit. Setidaknya ada 22.253 unit rumah rusak dan 638 fasilitas umum rusak.

“Jumlah pengungsi 996.143 orang dengan waktu yang tidak ditentukan dan ini sangat menghambat perekonomian masyarakat terdampak bencana,” jelasnya. [Kiki Budi Hartawan].

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>