KA Bandara Siap Dioperasikan dari Stasiun Manggarai


Light Rail Transit (LRT) atau kereta listrik ringan saat uji coba di sepanjang jalur Kelapa Gading-Velodrome, Jakarta, Senin (20/8). Untuk spesifikasi, tiap gerbong LRT mampu menampung hingga 270 penumpang. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kereta api (KA) Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap dioperasikan dari Stasiun Manggarai. Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Heru Wisnu mengatakan KA Bandara Soekarno-Hatta bisa dioperasikan dari Stasiun Manggarai mulai Oktober 2019.

“Maka KA Bandara Soekarno-Hatta sudah bisa menaikkan dan menurunkan penumpang dari Stasiun Manggarai. Selama ini KA Bandara hanya berhenti di Stasiun Manggarai tanpa melayani penumpang,” kata Heru, Senin (23/9/2019).

Dia memastikan pengujian untuk pengoperasian Stasiun KA Bandara di Stasiun Manggarai sudah dilakukan oleh Direktorat Prasarana dan Direktorat Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Sehingga, kata dia, stasiun KA bandara di Stasiun Manggarai dinyatakan layak untuk dioperasikan.

Pembangunan Stasiun KA Bandara di Manggarai yang kontraknya dimulai sejak Agustus 2015, merupakan bagian dari Paket A Pembangunan jalur dwiganda Manggarai-Bekasi (Cikarang). “Pembangunan jalur dwiganda untuk meningkatkan kapasitas jalur kereta api dengan memisahkan antara jalur utama (kereta api jarak jauh dengan kereta rel listrik atau KRL),” jelas Heru.

Semula di Stasiun Manggarai terdapat tujuh jalur aktif untuk melayani perjalanan kereta api dari enam arah. Semua operasi tersebut berada dalam satu bidang sehingga terjadi antrean untuk memasuki Stasiun Manggarai. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>